ganti-oli-bloger

[Two Stroke Never Die] Ahirnya Honda Akan Menghidupkan Kembali Kejayaan NSR

Diposting pada

Honda-NSR500-Mick-Doohan

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Berkebalikan dengan langkah kawasaki yang men-discontinue ninja150 two-stroke (2T), honda malah akan menghidupkan kembali engine two-stroke nya. Seperti yang dilansir oleh situs motorbike, pada artikel tersebut ditampilkan gambar paten mengenai bentuk engine 2t yang didaftarkan honda. Pada gambar dalam paten tersebut, terlihat bahwa honda akan membangun engine 2t dengan pembakaran yang jauh lebih baik, karena didukung oleh sistem injeksi dan sistem katup/valve pada saluran exhaust nya.

Berikut ini daftar paten dan salah satu gambar-nya…

Paten yang didaftarkan tidak secara langsung menunjukkan engine 2t, akan tetapi mengenai pelumasan engine 2t. Akan tetapi mau-tidak mau ahirnya honda harus menampilkan gambar engine 2t yang sedang dibangunnya. Ya pasti lah, mematenkan sistem pelumasan engine 2t, ya harus ada engine 2t-nya, kalau tidak ada buat apa sistem pelumasan tersebut dibangun dan dipetenkan ?

Inilah patennya :

Honda-New 2T-Patent

 

Dan inilah beberapa gambar dalam peten tersebut

Honda-New 2T-Patent engine

Yang dikurung merah adalah bagian yang baru dalam konfigurasi engine 2t, sedangkan kurung biru adalah bagian spesifik yang mengindikasikan gambar ini adalah gambar engine 2t bensin (spark ignited/pengapian busi). Part yang baru dalam gambar tersebut adalah :

  1. Swing link (1)
  2. Injector(2)
  3. Exhaust valve (3)
  4. Exhaust rocker arm (6)
  5. Push rod (7)
  6. Cam ex (8)

 

Honda-New 2T-Patent engine3

Sedangkan bagian yang mengindikasikan engine 2t bensin adalah :

  1. Reed valve
  2. Busi

Prinsip kerjanya hampir sama dengan engine 2t umumnya, hanya saja saluran keluar bukan melalui port di dinding slinder. Saluran keluar terletak di kubah ruang bakar yang buka tutupnya dikontrol oleh cam-ex, push rod, rocker arm dan klep-pegas. Durasi langkah intake, kerja dan exhaust dapat dilihat pada gambar ini

Two-Stroke-02

 

Bener-bener menggiurkan. Dengan mengadopsisistem ini pembakaran akan lebih sempurna mendekati engine 4t dan tenaga yang diperoleh lebih bisa lebih besar dari engine 2t konvesional.

Gimana bro, setuju engine 2t dihidupkan kembali oleh honda ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr wb.