Tag Archives: masalah

[DIY] Periksa Kelonggaran/ke-oblag-an Camshaft-Holder CB150R


Assalamu’alaikum Wr Wb.

Salam sejahtera buat kita semua (biker, komentator, silent reader, blogger dll)

Menindak lanjuti artikel ane sebelumnya baca disini , mengenai analisis dan solusi dari masalah munculnya suara klotok2 di cylinder head CB150R, ane tambahin artikel tentang tahap2 membongkar camshaft holder dari CB150R (ane menggunakan engine CBR150R sebagai referensi), tapi sebelumnya pastikan bahwa suara tersebut memang berasal dari bagian cylinder head (dengan mendengarkan bunyinya dengan bantuan obeng panjang).


Continue reading

Advertisements

[DIY] : Solusi Permasalahan CB150SF (Bagian ke-2 : Suara Klotok-klotok di Cylinder Head)

Assalamu’alaikum Wr. Wb. dan

Salam sejahtera buat kita semua, halo bro semua.

Ternyata banyak blogger yang sudah membahas permasalahan ini sebelumnya. Namun demikian,  mungkin ane dapat sedikit menambahkan  beberapa detil sehingga permasalahan ini menjadi jelas, dan  bagi cb lover dapat melakukan upaya pencegahan agar cb nya nggak ngalamin hal ini. Continue reading

[DIY]: Solusi Permasalahan CB150SF (Bagian 1 : Sok Depan Bocor)

CB150R Lightning White (1)shok-beker-bocor

sumber : chozinahmad.wordpress.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb. dan

Salam sejahtera buat kita semua, halo bro semua.

Sebagai sesama rider boleh lah kiranya ane sedikit mengulas permasalahan yang  terjadi di cbsf yang baru2 ini ramai dibicarakan di jagad blogspare indonesia, yaitu mesin klotok-klotok, sok depan bocor dan head lamp meleleh. Semoga kita semua menjadi maklum dan ada baiknya juga bagi para biker yang doyan ngoprek motor kesayangan untuk mengatasi sendiri masalah2 yang kiranya bisa diselesaikan di rumah, maklum bro nggak tega juga berpisah lama2 dengan motor kesayangan. Ibarat kata pisah sebulan ama pacar/istri masih bisa ditolerir, tapi pisah sama motor semunggu aja,… jangan dah, kangen pengen nge-gas, apalagi motor mau dioprek orang lain, dalam hati ada rasa nggak terima gitu??!!.

Ok, kita mulai aja dari masalah yang paling ringan sampai yang berat :

Sok depan bocor; hal ini disebabkan oleh seal oli sok yang lemah. Heran juga sih bisa begitu untuk motor honda, soalnya CS1 ane dah 4th (28000km) belum bocor tuh soknya. Tapi bisa juga sih terjadi, soalnya Pulsar180ug4 ane dari beli baru olinya dah rembes sama kaya beberapa pulsar lainnya. Kira2 penampakan part seal oli ada di gambar di bawah ini

oil seal front fork 1

oil seal 2

Gambar yang atas menunjukkan letak part seal oli sok yang biasanya bocor. Dan gambar yang bawah penampakan seal oli bagian atas dan bawahnya, dimana keliatan pegasnya, yang ditunjukkan panah kuning adalah sambungan pegas.

Kalo bocornya banyak, sepertinya emang udah rusak tuh seal olinya terutama bagian karet dalam (yang bersentuhan dengan batang sok) atau sambungan pegasnya lepas. Kalo mau membetulkan pegas seal olinya saja bisa dilakukan dengan langkah2 berikut :

a. Congkel seal debu (pake obeng minus)

b. Congkel ring pengunci (pake tang snap ring)

c. Kalo pegas terletak dibagian luar (keliatan) seperti pulsar180, congkel pegas dari seal pelan2, cari sambungannya dengan dilihat dan diraba, kalo dah ketemu putar2 bagian atas dan bawah sampai lepas.

d. Potong pegas dengan cutter 1-2mm, pasang lagi pegas pada sok, masukkan ke seal olinya, pasang ring pengunci, tambahin kapas sebelum memasang seal debu, gunanya untuk menghisap sedikit rembesan oli yang mungkin masih ada.

kalo seal oli dah rusak, ya terpaksa diganti, susah bro suruh bengkel diler aja yang ngerjain. Tapi kalo mau ngerjain sendiri sih bisa aja, langkahnya adalah :

a. Lepas ban depan

b Lepas baut pemegang sok di segitiga atas dan bawah, dari sok yang mau dilepas.

c. Copot sok depan, congkel seal debu, lepas ring pengunci,

d. Lepas baut di dasar bottom sok (biasanya pake kunci L) tadahin olinya, kemudian cabut batang sok dari bottom nya

e. Kalo seal oli nggak ikut kecabut, ya terpaksa dicabut manual dengan dicongkel menggunakan oben min yang agak gede ( saran ane gunakan pencongkel ban/alat tukang tambal ban, bisa lebih gampang karena bengkokannya cukup membantu)

f. Pasang seal oli baru dan lakukan langkah2 sebaliknya, jangan lupa oli sok dikasi lagi, kalo perlu yang kanan juga dikeluarin olinya dan diberi dengan takaran yang sama dengan yang kiri.

Teknik ini juga bisa diterapkan buat motor lain (bebek, matik dan sport) selama bentuk sok depannya sama (teleskopis), langkah2nya hampir sama, yang membedakan mungkin cara melepas ban dan soknya.

NB: KERJAKAN HATI-HATI, JANGAN SAMPAI ALAT-ALAT LOGAM MELUKAI BATANG SOK!!!!

Kalo seal oli sok depan bocor, segera ditangani bro. Karena oli yang nempel di batang sok akan ditempeli debu dan pasir, yang kalau kotoran itu terjepit diantara seal debu dan batang sok, maka batang sok lama2 bisa baret, dan bocor akan semakin parah, susah ditolongnya. Dan bagi yang seneng hardbraking atau sering menghajar lubang atau sering lewat jalan rusak, maka waspadai akan rembesnya oli sok yang disebabkan oleh batang sok dan bottomnya oblag, sehingga gerakan sok terhadap seal menjadi berlebihan dan seal akan cepat rusak.

Ok bro.. ini dulu yang bisa ane sampaikan, untuk mesin klotok-klotok dan headlamp meleleh  nanti ane buatin artikel lanjutan.

Semoga bermanfaat, kalo ada yang salah ane mohon maaf dan mohon untuk dibetulin ya..