MPM Honda Jatim Resmikan 2 Tempat Uji Kompetensi (TUK) Sekolah Binaan

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung pengembangan keterampilan generasi muda terutama di bidang otomotif, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Astra Honda baru yang dirancang khusus untuk memberikan kesempatan bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk mengasah keterampilan mereka dalam bidang otomotif yaitu SMKN 1 Jatirejo Mojokerto dan SMKN 2 Kraksaan Probolinggo. Sekolah yang dapat menjadi SMK TUK adalah SMK dengan grade A+.

Digelar pada awal bulan Oktober 2024, acara peresmian tersebut dihadiri oleh GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin dan HR & GA Division Head MPM Honda Jatim, Rita Djohar. Dengan diresmikannya TUK SMKN 1 Jatirejo Mojokerto dan SMKN 2 Kraksaan Probolinggo ini menambah daftar sekolah SMK binaan MPM Honda Jatim di wilayah Jatim menjadi 15 sekolah.

“Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri, kami berharap Tempat Uji Kompetensi ini dapat menjadi wadah bagi para siswa SMK untuk mendapatkan pengalaman praktis dan menguji kompetensinya sesuai yang diperlukan di industri otomotif sehingga dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja dan kompetisi yang terjadi di industri. “kata Rita Djohar, HR & GA Division Head MPM Honda Jatim.

Pada acara peresmian tersebut, siswa SMK berkesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka melalui berbagai demo dan kegiatan praktek langsung. Tak hanya peresmian, PT. Astra Honda Motor juga menyerahkan alat peraga berupa 1 (satu) unit sepeda motor Honda BeAT.

Sekolah yang menjadi SMK TUK ini secara fasilitas dilengkapi dengan berbagai alat dan teknologi terbaru yang relevan dan standard dengan kebutuhan industri saat ini,baik secara ruang praktek, laboratorium, peralatan, kurikulum teknik dan tenaga pengajar yang tersertifikasi. Hal ini dikarenakan sekolah tersebut akan menjadi tempat pelaksanaan uji kompetensi untuk siswa SMK TSM Honda.

Saat ini MPM Honda Jatim telah memiliki mitra binaan sebanyak 100 SMK yang tersebar di wilayah kerja MPM Honda Jatim, dan 15 sekolah yang sudah berstatus TUK yaitu :

  1. SMK PGRI 2 Ponorogo,
  2. SMK Turen Kab Malang,
  3. SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kab Malang,
  4. SMK Muhammadiyah 2 Genteng Kab Banyuwangi
  5. SMKN 1 Baureno Bojonegoro,
  6. SMK Islam Krembung,
  7. SMKN 1 Mojokerto,
  8. SMK Al Huda Kediri,
  9. SMKN 1 Mejayan,
  10. SMKN 1 Bendo Magetan ,
  11. SMK 12 Malang,
  12. SMKN 1 Geger Madiun,
  13. SMKN 5 Surabaya,
  14. SMKN 1 Jatirejo dan
  15. SMKN 2 Kraksaan Probolinggo.

Dalam mendukung kemajuan dunia vokasi di Tanah Air, AHM bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menerapkan kurikulum TSM Astra Honda sebagai bagian sistem pembelajaran dengan standar kompetensi yang dituntut oleh dunia kerja. Hal ini dilakukan melalui penyusunan bahan ajar, pelatihan dan sertifikasi guru, praktik kerja di industri, uji kompetensi siswa, teaching factory (TEFA), dan laboratorium praktik standar industri.

Pengangkatan SMK TUK ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas terhadap program SMK TSM Honda, siswa yang lulus dan sudah mengikuti Uji Kompetensi Keahlian standard Honda maka setara dengan mekanik level junior.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan