Marc Marquez Juara di Aragon, MotoGP Semakin Panas

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampaike tujuan.

Balapan motogp di aragon menjadi momentum bagi marc marquez (mm93) setelah menyapu bersih berbagai kualifikasi. Selain mendapat podium-1 di balapan utama (main race), ia juga jdai jawara di sprint race, bahkan ia juga mampu memecahkan rekor tercepat dengan mencatatkan lap time 1’45.801. Tentu saja bagi sebagian pengamat pencapaian ini sangat aneh atau bisa dikatakan membagongkan.

Iwf juga ikut terbawa oleh keanehan ini, kalau tidak bisa dikatakan terlalu bagus (too good to be true), karena bagaimana mungkin itu bisa terjadi, kalau kejadiannya alami (generik). Pasti ada sesuatu yang menjadikan marc marquez se-superior itu. Bayangkan, biasanya mm93 harus bersusah payah mulai dari kualifikasi sampai akhir balapan, hanya untuk mendapatkan posisi-3, bahkan sering juga gagal (tidak podium). Tapi kali ini ia berhasil memimpin balapan mulai dari free practice sampai akhir dengan poin sempurna 37 (menang di sprin race, main race, plus memecahkan rekor lap time).

Meskipun aragon adalah salah satu sirkuit yang disenangi mm93 karena counter clock wise (perputarannya berlawanan dengan arah jarum jam, atau ke kiri), dan juga motor gp23 nya sudah di-upgrade, akan tetapi rasanya nggak mungkin juga bisa dengan mudah mengalahkan gp24 yang dikendarai 4 pembalap lainnya termasuk pecco. Karena saat ini gp24 adalah motor terbaik, dan dikendarai oleh beberapa rider terbaik (pecco, martin dan bastianini), 3 pembalap teratas. Bayangkan jorge martin sampai tertinggal hampir 3 detik saat sprint race dan 5 detik di akhir balapan main race. Betul-betul perbedaan performa yang membagongkan.

MotoGP Semakin Panas
Terjadinya tabrakan antara pecco dan alex marquez (adik sekaligus teman setim marc marquez di Gresini Racing MotoGP) menjadikan suasana motogp yang tadinya hangat, kini menjadi panas. Meskipun pemimpin balapan memaklumi keadaan ini dan tidak memberikan sangsi kepada dua pembalap ini, akan tetapi berbagai komentar pembalap dan juga pengamat motogp menciptakan suasana menjadi panas. Orang-orang yang pro kepada valentino rossi dan anak didiknya termasuk pecco, sudah pasti menyalahkan alex marquez. Sedangkan yang lainnya menyalahkan pecco, karena kurang sabar.

Menjadi panas karena alex marquez adalah teman satu tim sekaligus adik marc marquez. Tentu saja ada opini bahwa alex sengaja menabrak pecco untuk menggagalkan usaha mengejar marc. Apalagi pecco dan mungkin juga marc marquez sedang berjuang untuk meraih juara dunia. Semakin panas lagi, karena pada tahun 2025 marc marquez akan satu tim dengan pecco di Ducati Lenovo Team (tim pabrikan ducati), terbayang apa yang sedang dan akan terjadi nanti.

Analisis Iwf atas kejadian tabrakan Pecco-Alex Marquez
Sejatinya di pertengahan balapan memang pace pecco lebih baik dan lebih cepat dibandingkan alex. Hal ini disebabkan kepintarannya me-manage ban, sekaligus juga ban alex sudah mulai habis, karena memaksa di awal. Sangat terlihat pecco begitu berambisi untuk melibas semua pembalap, untuk mengejar 2 pembalap di depan, berharap podium.

Pada lap-17 setelah tikungan 12 alex melebar, dan pecco semakin mendekat.

Sebelum tikungan 13 pecco sudah sangat dekat dan bersiap melibas tikungan dari sisi luar, tentu saja begitu pula dengan alex. Dan sebagai pembalap profesional, tentu saja pecco pilih jalur yang bersih yang pastinya akan berhimpit dengan racing line alex.

Baik alex maupun pecco, tentu saja pandangan keduanya fokus pada apex racing line. Akan tetapi karena pecco datang dari belakang, ia tentu melihat dan memahami perherakan alex. Sedangkan alex sebaliknya tidak tahu keberadaan pecco.

Karena motor gp24 pecco lebih kencang dari gp23 alex, sebelum sampai apex pecco sudah masuk duluan 1/2 badan motor.

Tentu saja alex kaget tiba-tiba ada pembalap menutup racing line nya menjelang apex tikungan 13. Alex marquez berusaha mengerem sampai ban motornya berasap, dan sampai posisinya menjadi tegak (efek mengerem motor yang tadinya miring di tikungan akan menjadi lebih tegak).

Akan tetapi sepertinya ada bagian depan motor alex yang “nyangkut” di bagian belakang motor pecco. Kayaknya sayap motor alex nyangkut di sirip belakang motor pecco. Wal hasil motor alex tertarik motor pecco, sedangkan motor pecco tertindih motor alex, jadinya jatuh berbarengan.

Terlihat pecco seperti tertindih motor alex, akan tetapi efeknya tidak terlalu berat, karena bagian depan motor alex ada di atas motor pecco, jadi badan pecco seperti berada di dalam rongga bawah motor alex.

Terlihat pecco seperti tergilas motor alex, sementara alex terbanting karena motor gp23 nya melintir. Syukurnya keduanya selamat, hanya luka ringan.

Hasil ini sangat berpengaruh terhadap klasemen pembalap. Jorge martin kembali memimpin, sementara pecco turun ke posisi 2. Dan marc marquez naik ke posisi 3 mengkudeta posisi bastianini.

Semoga motogp semakin memanas dan menarik, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.