Nuansa Berbeda di Fun Touring Kemerdekaan 2024

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Salah satu yang memotivasi iwf untuk tetap ikut acara para pemuda blogger/vlogger jatim adalah mengetahui, mempelajari apa saja yang dipikirkan oleh mereka dalam menghadapi segala pernak-pernik kehidupan mereka khususnya permotoran dan perbloggeran. Tentu saja secara sekilas iwf sudah memahami bagaimana mereka mensikapi berbagai keadaan yang ada di sekitar mereka. Tapi menjadi lebih asyik jika bisa memahami mereka semua ketika kita, iwf dan mereka berada dalam suatu perjalan yang cukup panjang (touring).

Biasanya jika seseorang bersama dalam suatu perjalanan, apalagi menghadapi berbagai tantangan dan tekanan yang cukup berat, maka sifat dan sikap aslinya akan muncul. Sayangnya perjalanan kemarin tidak seperti perjalanan hiking yang berat, tapi meskipun demikian banyak pelajaran yang bisa diambil dalam berbagai acara yang dikemas dalam fun touring kemerdekaan kemarin. Dan berbegai pelajaran tersebut tentu saja memberikan kesan dan nuansa tersendiri dalam pengamatan iwf dibandingkan kegiatan touring2 lainnya.

Performa motor bisa mempengaruhi agrsifitas ridernya
Inilah kesan peratama yang iwf bisa langsung saksikan (dan terpaksa juga ikut andil melakukan), bahwa performa motor sangat berpengaruh terhadap sikap rider. Meskipun tidak semua, akan tetapi banyak peserta touring sudah dilatih safety riding #cari_aman, akan tetapi tetap saja masih sering melakukan banyak pelanggaran lalulintas dan perilaku berkendara yang cukup berbahaya. Menerobos lampu merah, melanggar marka jalan (garis solid), menyalip dalam posisi-kondisi yang berbahaya adalah yang sering sekali dilakukan.

Dan ternyata salah satu penyebabnya adalah motor yang digunakan memiliki performa yang cukup tinggi, akselerasinya cukup nendang. Hal ini yang mengakibatkan rider yang tadinya tertib, lama-lama terpicu oleh adrenalin yang menggelora di dalam darahnya, untuk memacu lebih dan lebih kencang lagi.  Dan tak ayal lagi, dengan kecepatan yang saling diadu, baik dengan sesama peturing ataupun rider lain, meningkatkan kemungkinan pelanggaran lalulitas yang terjadi selama touring.

Dalam hati iwf berusaha untuk selalu berdo’a agar semuanya diberikan keselamatan. Iwf beberapa kali melihat kejadian rekan-rekan peturing yang hampir celaka (near miss).  Misalnya melindas gundukan yang cukup tinggi yang membuat motor oleng, hampir terjadi adu banteng dan ban kempas dalam kecepatan tinggi. Alchamdulillah semuanya masih aman, Allah masih menganugrahi keselamatan untuk semua.

Latihan kerja tim dalam gaming (permainan)
Pihak jolotundo mempunya fasilitas pelayanan permainan bagi pengunjung, dan kebetulan kelopok fun touring juga bisa menikmati permainan ini. Dalam permainan-permainan yang dilakukan bersama secara tim, yang memberikan pengajaran bahwa suatu pekerjaan berat dapat diselesaikan dengan baik dengan kerja tim. Asalkan timnya solid, saling memahami dan mampu bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama.

Kerja tim ini sangatlah penting dalam era modern dan seperti menjadi keharusan hampir di semua bidang. Dan memang kerja tim merupakan salah satu cara efektif dalam menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien. Kalau dalam Islam namanya jama’ah, sholat berjama’ah nilainya 27 derajad lebih tinggi dibandingkan sholat sendiri di rumah. Dan seharusnya sholat berjama’ah menjadi basis umum dalam pembangunan umat yang berkualitas tinggi.

Diskusi nasib Jatimotoblog ke depan
Ada banyak masalah sebenarnya yang dihadapi jatimotoblog, jika memang dianggap penting. Akan tetpi jika banyak masalah dianggap tidak penting, maka paling tidak ada satu atau dua masalah yang bisa dibahas. Kebetulan pada malam minggu, sebagian kru jatimotoblog membahasnya dalam diskusi malam, yaitu mengenai struktur organisasi jatimotoblog yang masih belum terbentuk secara paten.

Kurangnya perhatian terhadap cita-cita tertinggi anggota jatimotoblog
Cita-cita biasanya menjadi motovasi yang baik dalam menata rencana kehidupan dan menjalani kehidupan yang baik. Banyak manusia termasuk anggota jatimoblog memiliki cita-cita tinggi, akan tetapi tanggung, tidak mengambil yang tertinggi. Sehingga dalam segala aktifitasnya, mereka sendiri yang membatasi untuk tercapainya cita-cita yang tanggung tersebut.

Cita-cita yang tanggung tersebut misalnya, mampu mencapai view yang top baik untuk blog maupun kanal yutubnya. Hidup sukses mencapai kemerdekaan finasial juga menjadi acuan, kalau bisa juga ditunjang dari penghasilan dari blog dan yutub. Atau mungkin menjadi orang yang sukses dibidang yang digelutinya sehingga mampu mecapai target kekayaan, kemakmuran dan kebahagian yang didambakan.

Seharusnya cita-cita jangan tanggung, karena jika tanggung seperti itu, maka penyimpangan akan menggoda diperjalanan. Karena seringkali penyimpangan tersebut dibungkus dengan keindahan dan kenikmatan palsu sehingga bisa menipu dan menyesatkan. Selalu saja ada cara-cara ilegal, remang-remang yang ditawarkan untuk mencapai cita-cita yang nanggung tersebut, yang pastinya akan menghanyutkan.

Selain itu memiliki cita-cita yang tanggung, menjadikan orangnya tidak memperhatikan perintah Tuhannya. Karena sebagian orang yang seperti ini fokusnya pada material (materialisme), merasa bahwa mereka mampu menciptakan takdirnya sendiri, seakan tiada peran Tuhan dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu Tuhan beserta syari’at yang diturunkan-Nya bukan menjadi hal yang utama, karena yang utama adalah pencapaian cita-cita. Mereka mengesampingkan perintah berbakti kepada Tuhan (beribadah kepada Allah), dengan anggapan yang penting yang mereka lakukan tidak merugikan orang lain. Padahal anggapan ini benar-benar sangat keliru.

Cita-cita yang tidak tanggung-tanggung adalah “masuk surga” saat di akhirat kelak. Jika kita punya cita-cita ini, maka dalam segala langkah kita akan berhati-hati. Jangankan terhadap penyimpangan, terhadap sesuatu yang meragukan pun kita akan waspada dan menjauhinya. Misalnya dalam membuat tulisan di blog harus berhati-hati jangan sampai menyesatkan, akan tetapi memberikan pencerahan kepada pembaca. Begitu pula saat membuat konten vidio harus memberikan pencerahan dan pengajaran, bukan malah menjerumuskan pemirsanya dalam maksiat dan dosa.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan mengispirasi kawan-kawan semua, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.