MotoGP Qatar, Motor Jepang Semakin Ketinggalan

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Motogp tahun 2000-2021, motor-motor jepang merajai motogp, mulai dari yamaha (8x), honda (11x) dan suzuki (2x). Sedangkan motor eropa hanya memenangkan 1x balapan saja, yaitu pada tahun 2007 dengan casey stoner di atas motor ducati. Kemudian wabah covid19 menyerang seluruh dunia, dan sedikit banyak mempengaruhi dunia otomotif, termasuk pegelaran motogp.

Setelah tahun 2021, motor-motor jepang semakin melempem, dihadapan motor eropa. Di barisan 10 besar ada ducati, ktm dan aprilia. Sedangkan 6 motor jepang (2 yamaha dan 4 honda) mengisi barisan urutan di luar sepuluh besar, bahkan barisan honda memenuhi urutan paling belakang. Bisa dilihat posisi motor-motor pabrikan jepang di tabel hasil sprint race dan race di bawah ini.

Entahlah, sepertinya roda memang berputar, dan kebetulan pabrikan jepang sedang di bawah. Sepertinya mereka terkesan tidak “ngoyo” mengejar gelar juara dunia di semua balapan motor, baik itu motogp maupun wsbk. Menurut iwf, kemungkinan besar mereka mengarahkan sebahagian besar dananya untuk riset hal lain, yang lebih prospektif ketimbang mengembangkan motor berbasis motor bakar. Entah itu kendaraan listrik, kendaraan cerdas ataupun kendaraan terbang.

Karena kalau mereka serius, maka mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan pembalapnya, mislanya honda mempertahan marc marquez. Hal ini tentu dengan konsekuensi, yaitu honda mau memberikan motor yang kompetitif yang sesuai dengan keinginan marc. Akan tetapi tidak demikian, honda menyediakan motor yang membuat marc marquez pontang-panting untuk sekedar tidak crash. Motor honda rc213v nya liar banget, dan terbukti hasil yang ditorehkan oleh pembalap baru pengganti marc marquez juga sangat tidak memuaskan.

Semoga informasi ini bermanfaat

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan