Yamaha STSJ Beri Tips Hindari Rasa Kantuk Saat Berkendara

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Rasa ngantuk ketika berkendara kerap menjadi permasalahan bagi beberapa pengendara sepeda motor. Terlebih setelah beraktivitas seharian dan tetap harus berkendara, seringkali rasa mengantuk hadir dan mengganggu konsentrasi selama dijalan. Berkendara ketika mengantuk tentu tidak direkomendasikan karena dapat membahayakan bagi konsumen dan pengendara lainnya.  Sering kali kondisi ini menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas hingga memakan korban jiwa. Hal ini tentu harus dihindari oleh pengendara sepeda motor maupun mobil.

“Jangan sampai pengendara memaksakan untuk berkendara dalam kondisi ngantuk. Jika memang merasa dalam keadaan ngantuk, segera menepi di pinggir jalan. Sebab kondisi mengantuk, pengendara cenderung memiliki respon yang lambat dan kurang waspada terhadap sekitarnya. Sebagai pengendara yang baik, tetap harus menerapkan safety riding agar kita semua bisa selamat sampai tujuan,” tutur William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Untuk menghindari rasa ngantuk saat berkendara, pengendara dapat melakukan beberapa hal diantaranya :

  1. Melakukan peregangan atau stretching kecil-kecilan. Dalam kondisi mengantuk, pengendara dapat melakukan stretching kecil-kecilan ketika motor sedang berhenti. Selain bisa mengusir rasa ngantuk, peregangan ini juga dapat merilekskan anggota tubuh lainnya yang lelah akibat berkendara. Lakukan pergerakan kecil-kecilan sesekali agar terhindar dari rasa ngantuk.
  2. Bernyanyi sambil mendengarkan music
    Untuk membangkitkan konsentrasi saat berkendara, bernyanyi kecil juga sambil mendengarkan music juga bisa dijadikan opsi. Namun pastikan volume dalam keadaan rendah sehingga pengendara tetap waspada dengan keadaan sekitar serta tidak mengganggu konsentrasi selama di jalan. Bagi yang muslim jauh lebih baik membaca/menghafal AlQur’an daripada menyanyi, atau mengulang-ulang istghfar dan sholawat.
  3. Mengunyah sesuatu
    Cara lain yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk menghilangkan rasa ngantuk seperti mengunyah permen. Pastikan hal yang dimakan tentu tidak mengganggu konsentrasi dan keselamatan selama berkendara.
  4. Istirahat yang cukup
    Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya pengendara memiliki waktu tidur yang cukup. Terlebih bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang fit. Dengan Istirahat yang cukup, akan membantu menjaga fokus ketika berada dijalan.

Bagi pengendara yang akan menempuh perjalanan jauh, ada baiknya untuk beristirahat sejenak setidaknya setiap 2 jam sekali. Hal ini berguna untuk menghindari potensi pengendara tertidur ketika berkendara. Informasi lebih lanjut terkait tips dan trik dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan