Yamaha STSJ Ingatkan Pentingnay Fungsi Lampu di Musim Hujan

motogokil.xom – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Memasuki musim hujan, pengendara wajib memperhatikan beberapa komponen pada kendaraannya. Tentunya hal ini berguna untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan selama berkendara. Oleh sebab itu, penting bagi pengendara memahami hal-hal serta kelengkapan yang perlu diperhatikan. Seperti memastikan kondisi lampu dalam keadaan baik. Sebelum bepergian, pastikan fungsi lampu pada sepeda motor berfungsi dengan baik.

“Setiap pengendara wajib memahami komponen-komponen apa saja yang harus di cek terlebih dahulu sebelum pergi. Ketika komponen tersebut dalam kondisi yang baik, tentu pengendara dapat menjaga safety riding selama berada dijalan. Seperti lampu kendaraan, masih banyak pengendara yang tidak terlalu memperhatikan kondisi kendaraannya. Padahal komponen ini juga berperan penting, terutama ketika masuk pada musim penghujan,” ungkap Dwi Suwanto, Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Terdapat beberapa lampu pada kendaraan dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti lampu depan berfungsi untuk memberikan penerangan utama ketika sedang berkendara. Lampu hazard berguna bagi konsumen yang mengalami kondisi darurat ketika berada dijalan. Selanjutnya, lampu sein berguna untuk memberikan sinyal kepada pengendara motor lainnya bahwa anda akan berbelok ke arah kanan maupun kiri. Terakhir adalah lampu stop yaitu sebagai penanda bahwa pengendara ingin mengurangi kecepatan pada saat melakukan pengereman.

Oleh sebab itu, pengendara wajib melakukan perawatan pada lampu sepeda motor, sehingga fungsinya tetap terjaga. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pemilik sepeda motor :

  1. Bersihkan lensa lampu secara rutin menggunakan kain halus (microfiber)
  2. Gunakan lampu standart, dan hindari penggunaan modifikasi lampu berlebih
  3. Rutin melakukan cek kondisi lampu secara berkala di bengkel resmi.

“Apa lagi ketika musim hujan, visibilitas penglihatan pasti semakin berkurang. Jadi salah satu cara berkomunikasi dengan pengendara lain ketika musim hujan adalah menggunakan lampu pada kendaraan. Pastikan bahwa sebelum bepergian, lampu kendaraan anda berfungsi dan jangan sampai membahayakan keselamatan diri dan pengendara lainnya,” Tutur Dwi.

Lokasi terkait bengkel resmi Yamaha Surya Inti Putra (SIP) dapat dilihat melalui website resmi www.yamaha-stsj.com.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan