Inilah Penyebab Aki Cepat Drop Tegangannya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua sepamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Saat ini banyak sepeda motor yang sangat tergantung pada kesehatan aki. Oleh karena itu pengendara wajib untuk mengecek kondisi kendaraannya guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan ketika berkendara, yaitu motor tiba-tiba mati dan nggak mau hidup lagi. Karena Aki merupakan salah satu komponen sistem kelistrikan yang memegang peran yang sangat penting. Selain berfungsi untuk menyalakan mesin, aki juga mendukung sistem pencahayaan, sinyal, pengapian dan sistem bahan bakar pada kendaraan injeksi.

“Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan aki pada kendaraan drop. Oleh karena itu, pengendara harus memahami cara merawat aki pada kendaraan agar performa nya tetap terjaga. Jangan sampai kondisi aki yang lemah menghambat kegiatan sehari-hari pengguna sepeda motor,” ungkap Ilham Wahyudi, seku General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Adapun ilham menyampaikan beberapa faktor penyebab aki motor cepat drop salah satunya karena :

  1. Fungsi kiprok yang bermasalah. Komponen ini berfungsi untuk mengatur pengisian listrik yang dialirkan ke aki. Apabila kinerja kiprok terganggu, aliran listrik yang mengisi aki tidak akan terdistribusi sesuai dengan kebutuhannya. Sepeda motor yang rutin digunakan namun akinya tiba-tiba melemah, bisa jadi karena fungsi kiprok yang tidak sesuai. Segera cek dan ganti komponen tersebut apabila  terdapat kerusakan.
  2. Komponen lainnya adalah spull. Komponen ini bekerja untuk menghasilkan daya pada listrik kendaraan, bekerja sama dengan magnet yang nantinya menghasilkan daya listrik yang keluar dari komponen spull. Layaknya kiprok, apabila spull bermasalah akan mengganggu aliran arus listrik ke aki. Indikasi kerusakan spull dapat ditemui apabila aki motor cepat lemah walaupun sudah di charge dan kondisi kiprok dalam keadaan baik. Konsumen juga bisa melakukan pengukuran tahanan atau tegangan  listrik untuk mengetahui performa spull.
  3. Kebersihan pada aki, terutama pada terminal juga mempengaruhi performa pada aki. Komponen ini harus rutin dibersihkan agar tidak mengganggu pengisian daya pada aki. Sebab, senyawa kimia asam sulfat dapat menghasilkan kotoran atau plak pada terminal aki. Oleh karena itu, konsumen wajib membersihkan kotoran agar performa aki tetap terjaga.
  4. Hal lainnya yang harus diperhatikan oleh pengendara untuk menjaga performa aki adalah tidak penggunaan aksesoris atau lampu modifikasi secara berlebihan. Ketika penggunaan aksesoris lampu diluar standar, maka beban penggunaan listrik dari aki akan lebih besar. Tanpa disadari, hal ini akan mempercepat kondisi aki yang melemah. Lebih baik gunakan lampu sesuai dengan standar dari pabrikan.

“Konsumen juga bisa mengunjungi bengkel resmi Yamaha terdekat untuk melakukan perawatan aki atau perawatan motor lainnya. Teknisi Handal Yamaha akan terus membantu konsumen untuk menjaga kondisi kendaraan konsumen agar tetap optimal,” tambah Ilham.

Informasi terkait tips dan trik dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends.

Semoga info ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan