Mengapa Yamaha Berani Beri Garansi Rangka 5 Tahun ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setelah viral permasalahan rangka berkarat, kropos dan patah di dunia maya dan dunia nyata, konsumen sepeda motor mulai was-was. Ada yang langsung searching ke group facebook, twitter atau instagram dan lain-lain mengenai kejadian mengani hal ini. Ada juga yang langsung membongkar cover body motornya, khawatir jika rangka motornya juga berkarat dan kropos seperti yang diberitakan di berbagai media informasi.

Alhasil kondisi atmosfir pemasaran sepeda motor agak terguncang dan sedikit banyak mempengaruhi kuantitas penjualan sepeda motor. Tentu saja yamaha Indonesia tidak mau mengambil resiko terhadap pengaruh negatif ini. Dan segera meredam kegalauan dan kekhawatiran di hati konsumennya dengan memberi jaminan terhadap rangka motor-motornya.

Maka keluarlah jaminan garansi rangka 5 tahun untuk semua motor-motor yang diproduksi oleh yamaha Indonesia. Garansi rangka 5 tahun ini bukanlah langkah gegabah dan spontan, akan tetapi telah melalui kajian yang dalam dan komprehensif. Kajian ini meliputi beberapa aspek diantaranya :

  • Material pembuat rangka
  • Konstruksi rangka
  • Finishing berupa pengecetan dan lain-lain
  • Kebiasaan konsumen dalam menggunakan motor
  • Kondisi cuaca dan lingkungan di Indonesia
  • Kualitas jalan di Indonesia, dan lain-lain

Dari semua spek tersebut, yamaha dengan percaya diri memberikan garansi pada rangkanya untuk waktu 5 tahun. Karena memang dengan material, kontruksi rangka serta finishing-nya sekarang ini, hampir tidak ada keluahan dari konsumen mengenai rangka motor. Jangankan hanya 5 tahun, banyak sekali (hasil survey iwf) motor-motor yamaha yang sudah tua sekalipun, masih memiliki rangka yang kokoh, meskipun tampak karat di mana-mana.

Konstruksi Rangka Yang Kokoh
Hasil pengamatan iwf selama bergelut dengan motor-motor tua memberikan informasi, bahwa rangka yang kokoh akan memberikan dukungan yang kuat terhadap beban yang berat dan jalan yang kurang bagus. Sehingga rangka tidak mudah mengalami deformasi atau perubahan bentuk. Dengan demikian cat sebagai penutup rangka dan pelindung terhadap oksidati tidak mengalami keretakan dan kebocoran, dan besi rangka terhindar dari proses oksidasi yang bisa membuat besi rangka berkarat dan keropos.

Cat Yang Berkualitas Tinggi
Begitu pula dengan lapisan cat, jika catnya berkualitas tinggi dan ketebalannya memadai, maka cat tidak mudah pecah karena memiliki keuletan yang mampu mengikuti sedikit deformasi yang mungkin terjadi pada rangka. Cat yang berkualitas juga mampu menahan gesekan deri berbagai part lain yang bergerak yang menempel padanya, seperti kabel-kabel dan cover body. Sehingga mampu memberikan perlindungan terhadap besi rangka di bawahnya dalam waktu yang lama.

Kualitas Besi Baja Rangka
Kualitas besi baja yang digunakan dalam membangun rangka juga sangat menentukan ketahanannya terhadap korosi. Besi yang matang dan berkualitas tinggi tidak mudah berkarat meskipun terpapar udara secara langsung. Kalaupun berkarat, itu hanya bagian permukaan saja, tipis dan mudah dihilangkan dengan menggunakan amplas. Jadi membutuhkan waktu yang lama untuk membuat besi rangka berkarat dan keropos, meskipun sudah mengalami deformasi dan pengelupasan cat.

Jadi yamaha sangat yakin dengan ke-3 aspek rangka tersebut di atas. Sehingga percaya betul, jika motor digunakan sewajarnya, rangka akan mampu bertahan bahkan lebih dari 5 tahun. Apalagi jika motor juga melakukan servis berkala di bengkel resmi, yang ada sistem pemeriksaan kondisi rangka, maka umur rangka akan lebih lama lagi.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pemirsa motogokil semua, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.