Yamaha Gear 125 “Si Penerus Kejayaan Mio”

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pertama meluncur di tahun 2003, yamaha mio, sebagai motor skuter matik yang paktis langsung menggebrak pasar, yang saat itu didominasi oleh spesies cub (motor bebek). Tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup 1 tahun saja, tahun 2004, yamaha mio sudah mendominasi pangsa motor di nusantara. Bahkan kontribusi mio benar-benar luar biasa, sehingga mampu meningkatkan penjualan motor yamaha secara nasional mendekekati penjualan honda di tahun 2009 dan 2010.

Akan tetapi pabrikan lainnya pun juga tidak tinggal diam, tentu saja mereka juga ikut mengamati pangsa pasar motor matik kecil ini. Melihat keberhasilan mio membuka pasar baru yang terlihat sangat menggiurkan, akhirnya mereka mengeluarkan pesaingnya yaitu honda beat di tahun 2008. Motor matik selevel dengan mio, keluaran honda, yang coba peruntungannya di pangsa pasar yang baru saja dibuka oleh yamaha.

Di awal peluncurannya, mio masih mendominasi sampai beberapa tahun. Meskipun pangsa pasar mio terus menguat, akan tetapi beat terus mengejar ketertinggalannya. Dan pada tahun 2012 akhirnya beat mamapu menyalip mio dengan selisih yang sangat besar.

Dan semakin tahun penjualan beat semakin jauh meninggalkan mio. Akan tetapi yamaha tidak tinggal diam, pangsa motor matiknya direbut honda. Akhirnya yamaha melihat besarnya peluang pangsa motor matik di level medium yang sangat menjanjikan. Maka lahirlah nmax di bulan februari 2015 dengan berbagai kelebihannya dibandingkan rivalnya vario 150 yang lahir 1 bulan sebelumnya.

Dan kelahiran nmax benar-benar sangat membantu yamaha, karena meskipun harganya cukup mahal, akan tetapi peminatnya meningkat terus. Dan tentu saja ini memberikan rasa aman di pundi-pundi yamaha. Yang kemudian menarik perhatian yamaha untuk meluncurkan varian matik medium lainnya, seperti aerox satu tahun berikutnya (2016), untuk memperkuat penetrasi pasar skutik medium 150-160 cc. Kombinasi keduanya mampu membendung perjalanan sang rival dari pabrikan sebelah.

Asyik bermain di skutik level medium, yamaha tidak melupakan pangsa pasar skutik kecil yang dulu pernah dikuasai mio. Seiring dengan meningkatnya pamor motor skutik yamaha yang dimunculkan oleh nmax dan aerox, sedikit banyak juga meningkatkan pamor skutik yamaha lainnya untuk varian kecil. Oleh karena itu yamaha tetap mempertahankannya dengan nama “Gear 125”.

 

Jika dikomparasikan untuk motor yang selevel dari pabrikan lainnya, yamaha gear punya segudang keunggulan. Mulai dari performa, fitur dan pastinya style dan built qualtity-nya. Dan dengan teknologi mesin terbarunya, gear 125 mampu memberikan performa yang lebih besar dari generasi mio pertama, tapi dengan konsumsi bensin yang jauh lebih irit.

Oh ya gear 125 ini tidak muncul tiba-tiba, akan tetapi ada yang mendahuluinya berbasis mesin blu core 125 yang juga merupakan penerus kejayaan mio. Sebelum gear 125 muncul, mio coba bertahan dengan meluncurkan mio z dan mio s. Dan semakin masiv bertumbuhannya semenjak yamaha melakukan revolusi style nya dan namanya berubah menjadi gear 125.

Semoga info ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.