Apa Saja yang Harus Dicek Pasca Motor Diajak Mudik ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Banyak orang rela berkendara jarak jauh demi bertemu dengan sanak keluarga di hari lebaran. Salah satu moda transportasi yang dipilih untuk bepergian adalah sepeda motor. Layaknya sebelum pergi mudik lebaran, sepeda motor yang telah digunakan sehabis mudik juga perlu di cek kembali kondisinya. Hal ini guna menjaga performa kendaraan tetap prima seperti sedia kala.

Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), mengungkapkan :

“Banyak yang beranggapan bahwa sepeda motor itu cukup di service sebelum digunakan untuk mudik. Padahal, pasca lebaran kondisi kendaraan juga wajib untuk dicek. Terlebih jika digunakan dalam kondisi jarak jauh. Jangan sampai kita malas untuk mengecek kondisi kendaraan supaya kondisi kendaraan tetap enak digunakan,”

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh konsumen, sebagai Berikut :

  1. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan sepeda motor dari debu, tanah, dan kotoran yang menempel. Contohnya pada bagian filter udara, dengan kondisi filter udara yang kotor akan membuat kendaraan jadi lebih boros. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan agar pengendara mengetahui kondisi kendaraannya.
  2. Salah satu komponen yang wajib dicek adalah oli dan transmisi pada motor. Kendaraan yang habis melakukan perjalanan jauh perlu dicek jumlah oli seperti kekentalan, volume, maupun warna dari oli tersebut. Apabila warna oli menghitam, segera lakukan penggantian pada oli.
  3. Komponen lainnya yang tidak boleh luput dari pengecekan adalah kampas rem. Sebab komponen ini menjadi salah satu faktor utama untuk menjaga keselamatan pengendaranya. Jika masih dalam kondisi yang baik, cukup bersihkan kampas rem dari debu yang ada.
  4. Cek ketebalan alur ban kendaraan. Mulai dari tekanan udara pada ban, hingga alur ban. Apabila sudah terlihat Tread Wear Indicator (TWI) ban, segera ganti ban baru agar tidak mengganggu performa kendaraan.
  5. Pengecekan aki atau battery juga diperlukan bagi setiap pengendara. Guna menjaga sistem kelistrikan pada kendaraan tetap baik. Apabila kondisi aki dalam keadaan soak atau lemah, segera ganti aki baru.

Konsumen juga bisa melakukan service di bengkel resmi Yamaha yang tersebar di area masing-masing. Melalui aplikasi My Yamaha motor, konsumen dapat melihat lokasi bengkel resmi terdekat dan booking service secara online. Sehingga konsumen tidak perlu mengantri di bengkel.

Informasi terkait bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui website www.Yamaha-STSJ.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan