Tips Yamaha STSJ Atasi Motor Susah Di-Starter

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sebagai pengendara roda dua, pasti pernah merasa jengkel akibat stater tangan atau electric starter yang tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan ini pasti cukup mengganggu pengendara, karena mengurangi kepraktisan untuk menyalakan kendaraan jadi berkurang.

Sehingga konsumen terpaksa menggunakan kick starter untuk menyalakan mesin.

“Umumnya sekarang semua motor sudah menerapkan electric starter di masing-masing kendaraannya. Soalnya lebih mudah, hanya menekan tombol starter mesin, sudah hidup dan bisa kendarai. Tapi, ada saatnya electric stater ini bermasalah, bisa jadi dipicu karena beberapa hal,” ungkap Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Adapun Ilham mengungkapkan beberapa penyebab stater tidak mau berfungsi karena

accu motor yang lemah. Kondisi accu yang soak bisa jadi pemicu starter tidak berfungsi. Umumnya kondisi accu yang baik seharusnya 12,4 volt. Ketika di stater, tegangan accu akan berada di angka 12 volt. Jika kurang dari 10 volt, maka kondisi accu mulai ngedrop. Hal ini dapat ditandai dengan suara klakson yang tidak lagi kencang, dan lampu sen yang kurang terang.

Kondisi dinamo starter juga dapat mempengaruhi kerja dari electric starter. Walaupun tergolong cukup langka, kerusakan pada dinamo starter bisa  disebabkan oleh arang kumparannya (brush) aus atau gosong karena gesekan dengan komutator. Kerusakan pada dinamo dapat diketahui  jika kita tekan switch starter dan ada bunyi klik tetapi dinamo starter berputar kurang maksimal atau tidak berputar sama sekali maka bisa di curigai kerusakan dibagian komponen ini.

Permasalahan lainnya bisa terletak pada kabel stater. Koneksi yang tidak sempurna juga bisa mengganggu rangkaian electric starter. Sekring yang berfungsi untuk mengamankan arus listrik pada komponen elektronik di sepeda motor. Umumnya sekring memiliki ukuran 20 ampere. Jika arus yang diterima lebih besar, maka kawat sekring bisa putus untuk mengamankan rangkaian kelistrikan supaya tidak terjadi kerusakan pada komponen elektronik.

Pada electric starter juga dibutuhkan saklar atau yang biasa disebut dengan switch starter yang berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus listrik. Layak nya sepeda motor pada umumnya, switch starter juga bisa tidak berfungsi dengan baik.

Jika kendaraan anda mengalami beberapa permasalahan diatas, segera bawa kendaraan anda ke bengkel resmi Yamaha untuk melakukan pengecekan dan pertolongan pada kendaraan.

Informasi terkait bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan