Tips Jaga Performa Motor dari Yamaha STSJ

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dalam menjaga performa dalam berkendara, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dengan melakukan perawatan berkala. Hal ini dilakukan agar setiap tarikan pada saat berkendara selalu prima dan dapat menjaga keamanan saat berkendara.

Perawatan berkala ini diantaranya meliputi penggantian komponen pada motor. Jika tidak dirawat, bisa menyebabkan terjadinya korosi (berkarat) serta dapat menurunkan kinerja berkendara apabila terus digunakan. Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyampaikan :

“Perawatan berkala itu penting dilakukan agar menjaga kestabilan performa kendaraan, dan memberikan lifetime atau umur kendaraan yang lebih panjang. Pastikan untuk melakukan service rutin di bengkel resmi Yamaha yang sudah terjamin kualitas nya,”.

“Seringkali konsumen melakukan service karena kendaraannya sudah tidak nyaman untuk dikendarai. Nah, untuk menghindari hal itu konsumen harus rajin untuk melakukan service rutin,” tambahnya.

Menurut Dwi, berikut beberapa komponen motor yang wajib diganti secara berkala seperti  :

  1. Oli Mesin, Oli Mesin sendiri berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin tetap berjalan mulus dan bebas gangguan pada saat berkendara. Idealnya dalam pergantian oli mesin dilakukan sebulan sekali.
  2. Busi, Busi motor sangat berpengaruh terhadap performa motor. Apabila busi mengalami permasalahan maka motor akan sulit untuk dinyalakan, baik dengan kick starter ataupun electric starter. Biasanya busi perlu dilakukan pergantian ketika motor menempuh jarak 20.000 km dan 50.000 km.
  3. Aki motor, Aki motor sendiri berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang berbentuk kimia serta berpengaruh terhadap komponen sensor yang membutuhkan energi listrik maka dari itu aki motor juga merupakan komponen yang wajib diganti secara berkala.
  4. Lampu kendaraan dan Kampas Rem, Kedua komponen ini wajib diganti secara berkala, karena lampu kendaraan dan kampas rem. Jika tidak bekerja secara optimal, dapat menyebabkan kecelakaan.

Segera jadwalkan service rutin kendaraan anda ke bengkel resmi Yamaha untuk melakukan perawatan kendaraan. Informasi terkait bengkel resmi dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui instagram @Yamahafriends

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan