Musim Hujan, Nyaman Helm Dikasih Ginian

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Di tahun 2022 ini iwf mengalami beberapa kali naik motor dengan terpaksa menerobos hujan lebat. Kebetulan pakai motor sport, sehingga tingginya air genangan  yang sampai 20-30 cm masih bisa diatasi, alias nggak masalah. Masalah terbesar adalah jarak pandang yang semakin pendek.

Yang membuat jarak pandang semakin pendek ada beberapa hal, terkait dengan huja lebat :

  • Hujan nya itu sendiri ditambah sedikit angin, mengakibat arah curah hujan menjadi campur baur. Sehingga rintik air hujan terlihat semakin pekat menghalangi pandangan mata ke depan.
  • Embun di bagian dalam kaca helm
  • Air hujan yang menempel dan mengalir di bagian luar kaca helm

Kalau bagian pertama, iwf sebagai rider mah pasrah saja, namanya juga hujan lebat plus sedikit badai ya memang begitu adanya. Akan tetapi yang bagian dua dan tiga ini yang masih bisa diusahakan untuk diminimalisir dengan mengusapkan jari-jari atau telapak tangan. Akan tetapi karena tangan fokus digunakan untuk memegang stang, mengontrol pergerakan motor, maka kadang untuk mengusap bagian luar kaca helm pun terasa repot. Apalagi mengusap embun yang menempel di bagian dalam, lebih repot lagi.

Nah barangkali alat ini bisa membantu rider yang mengalami kasus seperti iwf, yaitu memudahkan mengelap bagian luar kaca helm yang terkena air hujan, sekaligus membersihkannya. Alat ini seperti wiper di kaca depan mobil, hanya saja dalam versi yang lebih kecil. Digerakkan dengan motor listrik, dengan energi yang berasal dari batere.

Dipasang dibagian atas kaca helm, mungkin bisa menggunakan double tape. Selanjutnya pengaktivannya hanya dengan menekan tombol power on. Dan wiper akan aktif mengelap bagian luar kaca helm kita, sehingga pandangan kita saat hujan lebat menjadi lebih jelas.

Harganya di pasar online luamayan mahal, di atas 400 ribuan. Kalau mau bikin sendiri harus sedikit usaha meskipun tidak susah-susah banget. Tinggal memanfaatkan mekanik dari wiper mobil bekas kemudian dimodifikasi panjang tangannya. Selanjutnya diberikan penggerak motor listrik kecil dan gearbox agar bisa bergerak bolak balik. Yang lumayan sulit adalah membuat kasingnya yang bagus, kuat dan kedap air.

Semoga bermafaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan