Disinyalir Can Am Patenkan Motor Listrik Terbarunya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Produsen motor Can-Am yang berindu pada BRP (Bombardier Recreational Products) pernah menunjukkan konsep listrik termasuk versi bertenaga baterai dari Can-Am Ryker, skuter Can-Am CT1 dan sepeda motor CT2 dan yang lainnya. Akan tetapi ada paten baru menunjukkan rangkaian listrik yang sama sekali berbeda. Tampak jelas dari ilustrasinya menunjukkan sepeda motor trail listrik dan roadster berorientasi jalanan, serta garis besar untuk penjelajah, model retro, dan mesin supersport bertenaga baterai dengan menggunakan rangka yang sama.

Kunci untuk sepeda listrik masa depan BRP adalah platform bersama, yang merupakan ide rencana LiveWire masa depan. Platform yang direncanakan adalah rangka monocoque, yang bagian tengahnya dugunakan untuk menampung baterai. Rangkanya juga mampu berubah geometrinya sesuai keperluan, bisa jadi trail, roadster, cruiser, retro dan lain-lain. Lihat perubahan geometri rangkanya…

Dan penempatan motor listriknya buka di as roda belakang, melainkan di pangkal swingarm.

Dengan transmisi mirip dengan cvt yang digunakan di motor matik. Hanya saja karena penggeraknya menggunakan motor listrik , maka tidak menggunakan puli seperti cvt, tapi menggunakan belt dan gir. Berikut penampakan swingarm yang sekaligus sebagai rumah belt-nya.

Jadi dengan basis frame, batere, motor dan swingarm yang sama, bisa dirancang style motor yang berbeda-beda. Untuk mengubah style tersebut ada beberapa bagian yang diubah tanpa harus mengubah bagian uutama, yaitu :

  • Ketinggian sok depan,
  • Posisi dan bentuk stang
  • Posisi sadel
  • Posisi footstep
  • Dan ukuran roda depan-belakang

Perhatikan dua style motor yang berbeda dengan frame-swingarm yang sama.

Jelas sekali dengan efisiensi seperti ini ongkos produksi untuk menghasilkan motor dengan style yang berbeda menjadi lebih murah. Hal ini karena didukung power dan torsi yang fleksibel, karena adanya motor listrik yang sangat mudah diatur performanya secara elektronnik, dan adanya trasnmisi gir depan-belakang yang bisa diatur ubtuk menyesuaikan penyaluran daya motor listrik ke roda belakang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.