Otomotif, Crazy Rich dan Penjara

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kta semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru beberapa hari sudah beberapa orang crazy rich muda dan baru mengorbit, tersangkut masalah hukum dan ditahan polisi. Mereka tersandung masalah transaksi keuangan yang memang lagi merebak di seantero dunia termasuk Indonesia. Yaitu transaksi keuangan yang melibatkan uang “maya”, yaitu transaksi keuangan yang memindahkan uang nyata ke dunia maya, yang membuat seseorang kaya dalam sekejap sementara orang lain menjadi miskin.

Alhasil karena banyak yang merasa tertipu, karena mereka kehilangan uang nyata tanpa mendapatkan keuntungan dari uang maya yang dijanjikan, bahkan malah rugi, melaporlah mereka ke polisi. Akhirnya ini menjadi masalah baru dalam hal perkara perdata. Namanya juga uang maya, transaksinya juga maya, maka jangan terlalu berharap dapat keuntungan yang nyata.

Apesnya lagi aspek kepemilikan otomotif (mobil mewah dan motor gede) dijadikan oleh pelaku sebagai salah satu daya tarik bagi calon-calon korbannya. Sehingga seakan kepemilikan otomotif mahal tersebut mutlak merupakan ciri keberhasilan hidup si pelaku yang bisa dijadikan contoh bagi para korban yang juga ingin berhasil. Wal hasil karena kekayaan yang didapatkan oleh “crazy rich” ini adalah kekayaan palsu, maka keberhasilannya pun palsu, impian yang ditawarkan kepada korbannya pun palsu. Yang asli adalah uang si korban yang hilang ditukar oleh si pelaku dengan harapan palsu.

Kesemuanya berpangkal pada kegandrungan yang berlebihan terhadap sistem keuangan maya yang memberikan keuntungan yang besar tanpa harus bekerja keras. Kalau kata mereka yang coba mengakali orang lain adalah slogan :

“sudah waktunya uang anda bekerja untuk anda, bukan anda bekerja untuk mendapkan uang anda”

Dan sayangnya slogan ini dimanfaatkan oleh orang yang pinter ngomong, punya pengikut banyak untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari kepercayaan orang-orang yang mengikutinya. Akhirnya ia sendiri yang untung sementara para followernya yang rugi.

Dan menurut iwf, sampai saat ini, bahwa banyak sekali transaksi keuangan digital yang berkembang di dunia maya (internet) berbasis pada “ketidakjelasan” alias ghoror. Dan transaksi seperti ini hukumnya haram, karena ada banyak kemungkinan salah satu merugikan yang lainnya. Karena menurut logika yang sehat, di masa-masa sulit seperti ini, akan sangat sulit mendapatkan keuntungan dari suatu kegiatan ekonomi (misalnya perdagangan). Akan sangat aneh jika ada yang mau memberikan keuntungan besar, karena ada pertanyaan di sana yaitu

“dari mana ia mendapatkan keuntungan yang besar tersebut ?”

Apalagi didalam transaksi tersebut sangat kental dengan nuansa perjudiannya. Tidak ada logika yang jelas mengenai besarnya keuntungan yang didapatkan. Semuanya serba untung-untungan, kalau nggak untung ya rugi. Maka transaksi yang seperti ini semakin jelas keharamannya, sudah ghoror ditanbah judi lagi.

Adalagi transaksi-transaksi yang merupakan proses pengelabuan dari pemawasan yang berwenang. Misalnya pencucian uang haram dengan malakukan transaksi di dunia maya yang sulit dideteksi oleh yang berwajib. Yang seperti ini dapat menciptakan crazy rich baru dengan proses yang luarbiasa cepat, bahkan bisa dikatakan tidak masuk akal. Nah ada kemungkinan akan ada pula crazi rich lainnya yang terjerat kasus seperti ini.

Bagi pemirsa motogokil, terutama yang muslim, mending jauhi kegiatan transaksi yang nggak jelas seperti ini. Kalau untung kita makan duit haram, kalau rugi lebih parah, sudah rugi tambah dosa pula. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

2 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan