Tips Jadul Membersihkan Karbu

motogokil.com- Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barookatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bagi mas bro yang suka bongkar-bongkar mesin sendiri, terkadang pengen ngga sekedar mesin beres, akan tetapi juga bersih bin kinclong. Akan tetapi seringkali berhadapan dengan kotoran yang membandel yang sudah berkerak selama bertahun-tahun. Walhasil membersihkannya dengan menggunakan bensin terkadang tidaklah mempan, apalagi harus membersihkan sampai lokasi-lokasi sempit yang tidak bisa dijangkau oleh alat pembersih seperti sikat dan kuas.

Khususnya karburator, memiliki lubang-lubang yang juga harus dibersihkan karena ukuran lubang-lubang tersebut menentukan kepresisian debit bensin. Tentu saja dengan bantuan carbu cleaner akan sangat membantu, itu kalau ada. Kalau nggak ada dan tidak ada duit juga buat belinya, lumayan berat juga untuk membersihkannya.

Akan tetapi jangan khawatir, mekanik jadul mewariskan beberapa ilmu, tips dan triknya bagaimana membersihkan berbagao part sepeda motor yang kotorannya bandel sulit dibersihkan. Yaitu dengan….merebusnya di dalam air sampai air tersebut mendidih. jangan lupa ditambahkan sabun colek atau sabun cuci piring cair untuk merontokkan kotoran-kotoran tersebut.

Tentu saja selain karbu, komponen mesin lainnya juga bisa. Karena memiliki material yang sama (sama-sama aluminium) dan juga sifat kotorannya juga sama yaitu debu yang melekat akibat adanya oli. Caranya ya sama, sama-sama direbus.

Selain menggunakan tambahan sabun yang dilarutkan di dalam air rebusan tersebut, bisa juga digantikan oleheh beberapa bahan berikut yaitu :

  • sitrun
  • cairan pembersih kaca

Saran iwf, untuk lebih mengoptimalkan proses perebusa, gunakan wadah yang tidak terlalu lebar. Misalnya untuk merebus karbu seperti di atas, gunakan panci yang lebih kecil tapi dalam. Sehingga dengan volume air yang sama, seluruh bodi karbu bisa terendam semuanya.

Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.