Sirkuit Mandalika Detil Kemajuan Terkini 24-02-2022

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kondisi terakhir pasca tes pra musim motogp akan sangat menarik untuk dicermati. Banyak sudah kemajuan pembangunan sirkuit mandalika beserta berbagai bagian lainnya yang ikut mendukung. Dan yang paling bikin penasaran adalah

“Bagaimana capaian usaha pebaikan aspal yang diperintahkan dorna-fim untuk diperbaiki ?”

Ya tentu saja ini adalah salah satu bagian yang terpenting yang banyak membuat para pengamat (sepeti iwf) kepo. Karena namanya juga balap motor di atas aspal, ya pastilah kualitas aspal menjadi penentu kualitas balapan. Apalagi tenggat waktu yang ada sangat mepet dengan jadwal race di mandalika yaitu 18 maret 2022.

Sebelum membahas bagaimana penangan aspal lintasan balap di sirkuit mandalika yang dilakukan perbaikan, mari kita cermati beberapa hal yang sudah dicapai sampai saat ini…

Sebelumnya kita lihat dulu bagian-bagian sirkuit (dan lingkungan sekitarnya) yang bisa menjadi objek pengamatan yang menarik bagi pengunjung sirkuit mandalika.

Nah dari layout sirkuit mandalika ini baru kita telusuri detil-detil kemajuan pembangunannya

Paddock Bagian Belakang – Sudah mulai dipasangi kanopi, untuk meminmalisasi tempias dari hujan jika dibarengin oleh angin

 

Deluxe Class – Atap sudah terpasang semua, tapi bagian bawah depan dan belakang masih berantakan

 

Tribun Premiere Class Depan Paddock – Sebagian kursi sudah terpasang

Banyak tribun grandstand yang masih belum terpasang kursinya (baru rangka bajanya saja), bahkan ada yang masih berupa landasan cor-coran semen. Rangka belum terpasang sama sekali.

 

Pintu Timur

 

Puncak Bukit 360 – Sudah terpasang rangka baja, dan juga beberapa bata putih untuk tembok

 

Dan daerah sekitaran sirkuit mandalika masih ruwet dan terus berbenah. Dan pekerjaan dilakukan sampai malam hari, bahkan mungkin 24 jam, untuk mampu menyelesaikan segala kekurangan sebelum pagelaran motogp bulan depan.

Pengaspalan Jalan Propinsi depan Sirkuit – Masih dilakukan sampai malam ini

 

Pembenahan Bundaran Selamat Datang Mandalika – Tulisan dimundurkan, agar orang-orang yang foto selfie di sini terhindar dari kecelakaan (ditabrak kendaraan bermotor).

 

Jalan Bypass – Semakin cantik jika dilhat dari atas

 

Nah yang terpinting adalah bagaimana persiapan pengapaslan ulang sirkuit mandalika ? Rencananya pengaspalan akan dilakukan dari sebelum tikungan 17 (T-17) sampai setelah tikungan 5 (T-5), diperkirakan 17,5% dari panjang sirkuit. Langkah-langkah pengaspalan ulang adalah :

  • Pengeprasan/pengelupasan aspal sedalam 4 cm, dengan menggunakan cold milling machine

    Jadi bukan dikelupas, akan tetapi dipapras, mirip seperti mesin scrap yang digunakan tukang bubut untuk meratakan silinder yang melengkung (mbliyut)

  • Setelah hasil pengeprasan dipindahkan oleh konveyor ke truk, kemudian dibersihkan

  • Diaspal ulang dengan stone mastic aspal (SMA) dengan spesifikasi yang sesuai. INGAT jangan sampai ada penyelewengan lagi mengenai spesifikasi bahan-bahan yang digunakan. Oleh karena itu kegiatan pada tahap ini akan diawasi dengan ketat oleh konsultan, itdc bahkan mungkin orang-orang dorna dan fim yang berkompeten di bidang ini juga ikut mengawasi.

Hari ini alat berat cold milling machine sudah dalam percobaan, harusnya sore atau mungkin malam ini sudah mulai dilakukan pengeprasan aspal. Sementara tadi siang sudah dilakukan inspeksi, mungkin dilakukan dengan menggunakan suatu sensor yang dinamakan GPR (ground penetrating radar), untuk mengetahui keretakan-keretakan atau penurunan kualitas aspal. Alat ini men-scan aspal track beberapa kali untuk dapat men-cover seluruh bagian aspal lintasan.

Sementara beberapa petugas mulai melakukan pengukuran, entah untuk apa. Mungkin untuk memprediksi banyaknya pekerjaan dan material yang akan digunakan untuk menyelelesaikan pekerjaan ini.

Jika dilihat dari lebar cold milling machine (CMM) dan dibandingkan dengan lebar lintasan track sirkuit mandalika, sepertinya pekerjaan yang hanya 17,5 % akan cukup menyita waktu. Karena memang CMM ini jalannya tidak bisa cepat, bahkan sangat lambat, dan ia harus melakukannya beberapa kali sebanding dengan perbandingan lebar track dan lebar CMM.

Kita do’akan saja semoga semuanya berjalan lancar, dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Jangan sampai pagelaran internasional ini membuat malu bangsa ini. Bahkan seharusnya dengan biaya triliunan rupiah harus mampu memberikan efek baik bagi kondisi lokal, regional maupun internasional.

Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.