Tips Perwatan pada Motor Setelah Terkena Hujan

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Wah cocok nih, pas musih hujan di bulan januari 2022 ini. Musim penghujan seringkali menjadi alasan pengguna sepeda motor untuk tidak mencuci motornya.  Kegiatan ini dianggap sia-sia karena cipratan air kotor nantinya akan kembali mengotori mesin yang sudah di cuci. Padahal mencuci motor di musim hujan itu sangat penting loh, kok bisa?

PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menganjurkan agar pemilik motor segera mencuci motornya setelah terkena hujan. Diketahui bahwa air hujan yang kotor berpotensi merusak part motor satu persatu secara perlahan. Oleh karena itu, penting nya mencuci motor adalah untuk membersihkan part dari kotoran yang dibawa oleh hujan.

“Banyak masyarakat yang berpikiran bahwa kegiatan mencuci motor di musim hujan itu tidak penting. Padahal membersihkan motor dari air hujan menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan agar kondisi motor tetap awet” Ujar Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart Yamaha STSJ.

Berikut penjabarannya jika pengendara tidak mencuci motornya di musim penghujan :

1.  Overheat ; Mesin bisa dengan mudah overheat dikarenakan bekas air hujan yang mengendap telah menjadi kotoran dan bersarang di radiator.

2.  Suspenci mengeluarkan suara decit ; Hujan bisa menyebabkan suspense mengeluarkan suara decit dan fungsinya jadi tidak maksimal.

3.  Menyebabkan karatan ; Rantai dan part logam tentunya akan berkarat sehingga berpotensi menggagu fungsi dari part tersebut.

4.  Tampilan kusam Body motor akan terlihat kusam karena kotoran yang menempel akan menimbulkan watersport, dan bercak sehingga tampilan motor menjadi lebih kusam.

Nah, selain membuat kondisi kendaraan tetap prima, tentu aktivitas mencuci motor membuat pengendara tampil dengan lebih percaya diri.

Tips dan Trik mengenai perawatan motor dapat dilihat melalui instagram @Yamahafriends.

Semoga tips ini bermanfaat bagi semua pemirsa setia motogokil, apakah ada yang lain ? Monggo dishare di kolom komentar.

Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Perwatan pada Motor Setelah Terkena Hujan - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan