Energica Gunakan Motor Baru, Lebih Kuat, Lebih Ringan, Akselerasi Lebih Dahsyat

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pabrikan motor balap elektrik melakukan lompatan besar, dengan membangun Motor Energica EMCE baru. Motor balap elektrik ini, telah direkayasa secara bersama dengan perusahaan Italia Mavel, sebuah bisnis penelitian dan pengembangan yang berspesialisasi dalam elektronik. Mavel telah melakukan banyak pekerjaan dengan mobil sebelumnya, tetapi proyek ini adalah perampokan pertama mereka ke dunia roda dua. Giampiero Testoni, Chief Technology Officer Energica mengatakan :

“Inovasi adalah kekuatan utama departemen teknis kami yang, bersama dengan Mavel, telah menemukan kolaborasi sempurna untuk mendorong batas teknologi saat ini, lebih jauh meningkatkan produk yang sudah berkinerja tinggi,”

Sebagai bagian dari pekerjaan mereka, Mavel mampu mengoptimalkan desain motor Energica dengan tujuan khusus yaitu meminimalkan kehilangan energi. Mereka melakukan ini melalui perubahan perangkat lunak, seperti algoritme kontrol baru, serta melalui inovasi perangkat keras, seperti desain rotor baru yang menciptakan aliran udara internal untuk mendinginkan magnet.

Hasilnya adalah peningkatan tenaga puncak yang diklaim menjadi 168bhp (sebelumnya 134bhp). Selain itu juga terjadi pengurangan berat sampai 10kg dan peningkatan jangkauan hingga 10%. Motor juga sekarang didinginkan dengan cairan, bukan didinginkan oli, yang menurut Energica memberikan kinerja yang lebih konsisten serta peningkatan halus pada penanganan.

Menariknya, Energica mengatakan bahwa mereka memperkenalkan motor EMCE lebih awal karena masalah rantai pasokan terkait pandemi. Setelah menyelesaikan pekerjaan pengembangan hanya dalam enam bulan. Hasilnya adalah motor sekarang akan menjadi perlengkapan standar pada semua Energicas yang saat ini diproduksi, yaitu EsseEsse9 dan Ribelle.

EsseEsse9

 

Ribelle

Dengan power yang semakin besar serta bobot yang semakin ringan, dipastikan akselerasinya akan semakin dahsyat. Apalagi dengan efisiensi penggunaan daya yang disediakan oleh baterei yang sampai 10%, akan menjadikan balapan motor elektrik bisa semakin lama (lap semakin banyak). Tentu saja atraksi pembalap akan semakin bisa ditonton oleh pemirsa.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

One thought on “Energica Gunakan Motor Baru, Lebih Kuat, Lebih Ringan, Akselerasi Lebih Dahsyat

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan