Perhatikan “Busi” Jangan Sampai Kotor

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Engine/mesin sepeda motor yang ada di Indonesia hampir semua adalah jenis SIE (Spark Ignition Engine) berbahan bakar bensin (gasolin). Artinya pembakaran yang terjadi di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga, (normalnya) harus dipicu oleh percikan api dari busi. Percikan api inilah yang disebut sebagai “spark”, dan yang menghasilkan saprk ini disebut spark plug, atau biasa kita sebut busi.

Jadi meski bentuknya kecil, namun busi memiliki peran penting pada motor. Fungsinya sebagai pemercik api di ruang bakar tak bisa dianggap remeh, karena bila kondisinya sudah tidak baik maka otomatis bisa mempengaruhui performa kerja mesin. Oleh karenanya, performa busi tentu harus dijaga dengan baik. Busi yang sering dibersihkan juga dapat mengembalikan performa motor yang kurang.

Sebenarnya merawat busi bukanlah hal yang berat dan bisa melakukannya di rumah, dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Waktu untuk melakukannya pun tergolong singkat, hanya beberapa menit saja. Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, M. Bondan memberikan tipsnya, yaitu :

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kerak di kepala busi. Kerak pada kepala busi yang tebal dapat menyebabkan kemampuan dari busi motor tidak optimal.
  • Langkah selanjutnya adalah dibersihkan secara perlahan.
  • Hindari penggunaan amplas, karena amplas mempunyai sifat abrasif. Jika keduanya bertemu dan bergesekan, dapat menjadikan kepala busi terkikis. Untuk membersihkan busi cukup menggunakan kuas atau sikat kawat yang lembut
  • Langkah terakhir yakni mengecek kerapatan kepala busi. Jika busi sudah dicek dan masih ditemukan kerusakan, maka perlu untuk diganti dengan busi yang baru.

Bondan mengatakan :

” Pembersihan busi dilakukan minimal setiap 4000 – 5000 km tergantung dari fungsi busi yang masih layak digunakan atau tidak. Tentunya konsumen juga dapat melakukan pengecekan dan penggantian busi dan suku cadang lainnya serta perawatan berkala sepeda motor Honda tercinta di AHASS “

Tersedia promo paket HOKI, Paket TURBO dan paket SUPER MATIC bagi konsumen yang ingin melakukan perawatan motornya. Konsumen juga dapat memanfaatkan apilkasi BROMPIT untuk layanan booking service. Dengan booking service di aplikasi BROMPIT dapat kesempatan memenangkan hadiah motor Honda. Untuk info lebih lanjut bisa lihat di website dan sosial media mpmhondajatim.

Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

One thought on “Perhatikan “Busi” Jangan Sampai Kotor

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan