Detik-Detik Truk Tangki Bahan Bakar Masuk Sawah Karena Sopir Ngantuk

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Menyetir mobil atau motor dalam keandaan ngantuk memang sangat berbahaya. Apalagi kalau kendaraannya besar, berat dan punya potensi membahayakan orang lain dalam jumlah banyak, lebih bahaya lagi. Oleh karena itu sering sekali dihimbau baik oleh aktivis safety riding/driving, polisi maupun poster-poster di pinggir jalan untuk beristirahat jika mulai lelah dan ngantuk.

Baru saja kejadian sebuah truk tangki bahan bakar (sepertinya melihat dari warnanya milik pertamina), masuk sawah, karena supinya ngantuk. Kejadian di balerejo, jalan raya madiun-nganjuk. Detik-detik kejadiannya sempat divideokan oleh penumpang mobil dibelakangnya. Berikut kronologinya :

Mobil Oleng Karena Sopir Ngantuk

Terlihat mobil ini oleh ke kanan dan ke kiri. Dan hampir-hampir menabrak dan menyerempet pengendara motor yang ada di depan dan di sampingnya.

Seharusnya si pengendara mobil dibelakangnya mengklakson sekeras mungkin agar sopir truk tangki bahan bakar tersebut terbangun/tersadar dari kantuk/tidurnya.

(Mungkin) Sopir Sudah Tertidur Mobil Lurus Masuk Sawah

Karena sawah cukup dalam, mungkin lebih dari satu meter, maka truk tangki langsung terbalik.

Sopir dan Kernet Selamat

 

Kita sebagai orang yang sering berada di jalan mungkin sering berada pada posisi orang yang dibelakang (yang memvideokan) atau sopir truk tangki yang ngantuk atau pengendara motor yang hampir terserempet. Kita harus mengambil sikap yang benar, yaitu :

  • Jika kita sudah mulai merasakan ngantuk baik saat sedang mengendari motor atau mobil, segeralah cari tempat peristirahatan. Misalnya pom bensin (spbu), masjid atau restauran. Kita harus istirahat barang sejenak, sekalian mendinginkan mesin dan ban. Pengendara harus tidur sejenak, mungkin 15 menit atau lebih, sedangkan yang lain bisa makan atau ke kamar kecil, atau sekedar meregangkan otot.
  • Pengendara baik motor maupun mobil, yang mersakan dengan sangat kuat bahwa si pengendara didepan sedang ngantuk, segera mengklakson untuk membangunkannya.
  • Dan pengendara (khususnya motor) harus sangat berhati-hati terhadap mobil besar yang oleng seperti ini, ia bisa terserempet, terhantam masuk sawah, atau bahkan terlempar ke jalur lawan. Ini lebih berbahaya bisa tabrakan frontal dengan kedaraan dari depan.

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran kita bersama, untuk selalu berhati-hati saat mengendarai kendaraan baik mobil atau motor di jalan raya. Semoga Allah melindungi kita semua, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wabarokatuh.

 

One thought on “Detik-Detik Truk Tangki Bahan Bakar Masuk Sawah Karena Sopir Ngantuk

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan