Yamaha Jatim Bagikan Tips Agar Tubuh Tetap Fit di Bulan Ramadhan

Diposting pada

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua di perjalanan sampai ke tujuan

Bagi seorang muslim yang beriman bulan ramadhan adalah bulan pelatihan. Bulan di mana ia ia dilatih untuk menjaga keta’atan kepada Allah dalam bentuk puasa dan meningkatkan ibadah dan amal shalih lainnya. Sehingga diharapkan setelah puasa ia akan mencapai derajad yang tinggi di sisi Allah yaitu orang yang bertaqwa. Dan bagi seorang yang sehari-hari beraktivitas dengan sepeda motor, puasa tidak akan menghalanginya untuk tetap aktiv.

Berbagai ragam aktivitas bisa saja dilakukan saat berpuasa, seperti perjalanan touring di bulan suci Ramadhan, memang tak bisa dihindari. Terlepas dari soal niat ibadah puasa, secara fisik dan endurance, kondisi seperti ini memang menjadi tantangan. General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha Jatim, Ilham Wahyudi sebagai salah satu biker yang aktif touring memiliki tips agar stamina tetap terjaga meski tengah menjalankan ibadah puasa.

“Khusus buat bikers yang akan melangsungkan touring, dengan kondisi berpuasa. Nih ada resep spesial, untuk menjaga fisik agar tetap prima saat riding” katanya.

Ada perilaku dan adaptasi pola makan yang mesti dirubah. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, protein dan karbohidrat, di saat bulan puasa. Berikut ini beberapa tips berkendara saat berpuasa :

  1. Pertama, jangan diforsir atau berharap besar dari kandungan menu makanan, yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka saja.
  2. Luangkan 4 jam usai berbuka puasa, mampir ke depot atau kaki lima penjual sate kambing muda atau yang biasa disebut sate cempe.  Dan konsumsi 10 tusuk sampai 20 tusuk cukup, setiap 2 hari sekali.
  3. Disisi lain, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, selama puasa. Konsumsi tambahan adalah juice tanpa gula dan es batu, yang bisa di request langsung ke penjual atau membuatnya sendiri.
  4. Selebihnya pastikan air mineral berkapasitas 2 liter, rutin terkonsumsi. Artinya, butuh pengaturan jeda dan durasi waktu yang tepat, untuk mengkonsumsinya.  Dan saat makan sahur, menu makanan regular selain nasi, pastikan ada sayur, telur, ikan laut, yang mudah untuk dicerna, agar tidak mudah mengantuk, apabila dituntut untuk riding berangkat pagi hari.
  5. Sebagai pelengkapnya, konsumsi pisang. Mengingat, cukup banyak kandungan air, kalori, protein, serat, karbohidrat, gula, kalsium, magnesium dan kalium di dalamnya. Dan suplemen vitamin, bisa mengkonsumsi vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E.

Resep ini, sejatinya yang dipakai atlet BMX salah satu mentor si penulis, ketika masih rajin bersepeda segmen cross country. Dan memang terbukti, mampu menjaga sisi endurance tubuh lebih baik, disaat titik lelah mulai datang. Artinya, kalau 4 jam usai berbuka harus makan sate kambing muda, maka saat berbuka puasa, jangan sampai dibuat kenyang lebih dulu, tahan dan sabar. Ilham Wahyudi mengatakan,

“Berdasarkan  pengalaman memang fisik dan stamina terjaga lebih segar, di tengah padatnya aktivitas.”

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan