ganti-oli-bloger

FIA Bocorkan Rincian Teknis dari Electric GT (Balapan Mobil Listrik)

Diposting pada

Assalamau’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua di perjalanan sampai di rumah.

Setalah motoE diujicobakan, menyusul balap mobil menuju balap mobil listrik (Elctric GT). Kelas baru ini akan menggabungkan inovasi dan kebebasan teknis yang sebelumnya tak terlihat dalam seri motorsport kendaraan listrik. Sehingga akan ada keleluasaan untuk pengembangan baterai. Pengisian cepat di pitstop selama balapan adalah bagian dari konsep FIA, sementara pabrikan akan dapat mengembangkan mesin penggerak dua atau empat roda di bawah aturan baru. Vektor torsi, modulasi daya ke setiap roda yang digerakkan, akan diizinkan sebagai bantuan kinerja.

Pengumuman hari Rabu dari FIA menyatakan bahwa pada kategori GT listrik “akan menetapkan standar baru untuk kendaraan listrik dalam motorsport dalam hal kinerja dan jangkauan”. Kategori GT listrik baru telah dirancang untuk menciptakan mobil dengan performa yang sama dengan mesin GT3 yang ada. Performa mobil balap GT listrik, bagaimanapun, akan melebihi kinerja GT3 dalam hal akselerasi dan kecepatan (topspeed).

Direktur teknis FIA Xavier Mestelan Pinon menjelaskan bahwa badan pengatur ingin kelas GT listrik barunya relevan dengan industri otomotif.

“Tantangan teknis utama [untuk industri mobil] adalah pengembangan baterai, integrasi baterai di mobil, dan teknologi pengisian cepat,” katanya.

“Ini penting bagi pabrikan yang ingin mengembangkan teknologi yang relevan dengan jalan raya daripada mengandalkan komponen standar.”

Presiden FIA Jean Todt menjelaskan bahwa badan pengatur memiliki “visi untuk menjadikan motorsport sebagai laboratorium untuk mobilitas berkelanjutan”.

“Pengumuman kategori mobil GT bertenaga listrik baru ini merupakan tonggak penting untuk mencapai tujuan ini, karena akan membuka jalan bagi baterai baru dan teknologi pengisian cepat.

“Ilustrasi sempurna dari pendekatan balapan-ke-jalan kami.”

Insinyur pemenang 24 Jam Le Mans, Leena Gade, presiden Komisi FIA GT, menjelaskan bahwa “platform yang memungkinkan pabrikan untuk mengembangkan dan memamerkan teknologi mereka sangat dibutuhkan”. Dia mengungkapkan bahwa ada “minat yang besar”, dari pabrikan yang telah mengambil bagian dalam proses pembuatan aturan di kelompok kerja teknis FIA. Pabrikan akan dapat membuat tata letak baterai yang dipesan lebih dahulu menggunakan sel lithium-ion yang dikembangkan oleh Saft, anak perusahaan dari perusahaan minyak Total yang juga memasok baterai untuk Peugeot Le Mans Hypercar yang akan memulai debutnya di Kejuaraan Ketahanan Dunia tahun depan.

Teknologi Saft akan memungkinkan pengisian cepat 700kW, yang akan memungkinkan baterai diisi ulang hingga 60 persen dari kapasitasnya dalam, menurut pernyataan FIA, “beberapa menit”. Pabrikan akan dapat bersaing dalam kategori tersebut dengan model listrik yang dikembangkan dengan aturan baru atau menyesuaikan powertrain EV ke dalam mobil GT3 yang sudah ada. Mestelan Pinon menjelaskan bahwa kemampuan mengadaptasi mesin GT3 untuk kategori baru akan membantu menjaga biaya tetap terkendali.

Beberapa spesifikasi penting yang diperbolehkan adalah :

  • Tenaga maksimum yang diperbolehkan adalah 430kW atau 575bhp untuk mobil listrik GT,
  • Bobotnya antara 1490 dan 1530kg. FIA menjelaskan dalam pengumumannya bahwa mereka telah menetapkan ambang batas bobot sedikit lebih tinggi daripada di GT3 untuk “membatasi penggunaan bahan yang mahal”.
  • Dua atau empat motor listrik akan diizinkan
  • Kapasitas energi maksimum baterai akan ditetapkan pada 87kWh.

Aturan untuk kategori baru diselesaikan Desember lalu, tetapi sejauh ini hanya dirilis ke produsen yang tertarik. Dan mulai terungkap setelah Dewan Olahraga Motor Dunia bulan lalu bahwa mereka telah menyetujui persyaratan dengan promotor, tetapi pernyataan hari Rabu mengatakan bahwa identitas grup akan terungkap pada waktunya. Rincian lebih lanjut dari rencana FIA untuk kategori baru kemungkinan akan dirilis pada awal Mei.

Akhirnya kita akan melihat balapan seperti mobil tamiya dalam bentu besar, dan ada sopirnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.