Michelin Tingkatkan Performa Ban Belakang untuk MotoGP…Lap Time Bakalan Terpangkas

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua, di mana pun kita berada, aamiin.

Ban adalah salah satu kompenen terpenting dalam dunia balap. Karena ban merupakan manifestasi penyaluran tenaga dari engine dan skill dari pembalapa ke aspal trek. Jika ban memiliki performa yang rendah maka secara keseluruhan performa motor dan pembalap dalam memperoleh waktu terbaiknya akan drop.

Terkait dengan peningkatan kualitas ban yang diginakan dalam motogp tahun 2020 ini, michelin telah merilis ban belakang dengan konstruksi terbaru. Ban ini merupakan hasil dari selesainya pengujian yang komprehensif berbulen-bulan yang dilakukan secara intensif. Evolusi terbaru dari ban belakang michelin power slick, menghasilkan sebuah konstruksi ban yang mampu :

  • meningkatkan kinerja dan stabilitas bagi semua rider dan semua jenis konfigurasi engine motor motogp
  • Flesibel sesuai dengan strategi untuk meningkatkan umur ban saat race yang akan mampu memangkas laptime dalam balapan.

Pengujian tahap awal ban ini dilakukan di arena yang dikonsidikan seperti laboratorium. Selanjutnya  pertama kali ban belakang ini diuji di sirkuit adalah saat tes Catalunya di Barcelona pada Juni tahun 2019. Kemudian diikuti oleh evaluasi lebih lanjut di Brno di Czechia dan Misano di Italia, untuk mengetahui performa dari konstruksi baru ini diadakan tes pertama di akhir pekan MotoGP.

Dengan dukungan dari semua pembalap, IRTA dan Dorna, sesi ekstra 20 menit diselenggarakan di salah satu sirkuit yang paling diminati di setiap musim balap. Yaitu dengan menyelesaikan minimal 11-lap masing-masing sekitar 4.448 m Sirkuit Phillip Island di Australia. Kesempatan khusus ini untuk mendapakan sejumlah besar data ban baru ini. Karena itu dalam pengujian uji ban baru ini, hanya tim dan pengendara tertentu yang ditunjuk untuk berkonsentrasi dalam memberikan penilaian terhadap konstruksi ban michelin baru ini.

Setelah tes di australia berjalan sukses, selanjutnya michelin menyediakan ban untuk pemeriksaan lebih lanjut selama dua tes Spanyol pada akhir 2019, di Valencia dan Jerez. Sepanjang semua tes ini pada tahun 2019 bagian belakang konstruksi baru dipasangkan dengan pasangan ban depan yang cocok untuk sirkuit masing-masing. Setelah digunakan pengendara selama balapan-akhir pekan, dapat memberikan perbandingan yang jelas dan obyektif antara konstruksi ban lama dan ban baru.

Gambar Marc marquez sedang mengujin ban baru michelin di jerez

Dengan semua pengujian intensif ini dan sejumlah besar informasi diperoleh, teknisi michelin di clermont-ferrand menganalisis semua data dan menyetujui peluncuran konstruksi baru dalam untuk musim 2020. Michelin akan memasok hasil evolusi terbaru dari ban belakang michelin power sport slick untuk dua tes pra-musim yang dijadwalkan untuk Februari di Malaysia dan Qatar sebelum ban melakukan debut balapannya di Qatar yang akan diadakan pada balapan perdana motogp 2020 di sirkuit internasional losail di doha pada hari minggu 8 maret.

Manajer Michelin Motorsport Two-Wheel, Piero Taramasso  mengatakan :

“… Ini adalah perubahan pertama kalinya pada konstruksi ban belakang selama dua tahun dan menjadi kemajuan yang penting dalam evolusi ban Michelin Power Slick kami untuk MotoGP. Konstruksi baru ini sejalan dengan pendekatan kinerja jangka panjang Michelin, yang menjamin kinerja yang konsisten semua perlombaan panjang, dan kami sekarang berharap untuk melihatnya tampil dalam kondisi balap dan memecahkan lebih banyak catatan. “

Rupanya michelin konfiden dengan ban belakang power slick dengan racikan baru ini. Harapannya adalah kendala yang terjadi di musim yang lalu dapat dieliminir dan performanya semakin mampu mensuport kinerja engine dan skill pembalap untuk memecahkan rekor-rekor baru di balapan motogp 2020 ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

22 Komentar

    • sepertinya panitia sudah dibayar mahal oleh michelin (gantian)
      tujuan utamanya adalah mendapatkan data jika ban digunakan pada kondisi ekstreme
      kalau ngga balapan nggak bakalan dapat date seperti itu

  1. Jadi tujuan development ban baru ini adalah untuk menjaga konsistensi sepanjang balapan gitu ya? Laptime terpangkas, tapi secara endurance lebih optimal.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan