Gathering Blogger-Vlogger Jatim : Gathering yang Sesungguhnya

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Artikel ke-3 dari artikel kisah gathering blogger-vlogger jawa timur ini merupakan artikel pamungkas yang paling esensial dari acara ini. Karena menurut iwf justru pada acara inilah semangat kebersamaan antara anggota blogger-vlogger diuji. Apakah mereka merasa bersama hanya dalam kesenangan dan kegembiraan, atau mereka bisa bersama ketika dalam keadaan kesulitan dan kesusahan.

Seperti biasanya sebuah group, asosiasi, perkumpulan dan bentuk lainnya, kebanyakan anggotanya berkumpul karena hobi yang sama. Mereka mengadakan berbagai acara yang mesiratkan kebersamaan dalam kemeriahan, kegembiraan dan hura-hura. Bahkan sampai-sampai lahir slogan :

” Seduluran sak lawase (persaudaraan selamanya) “

Akan tetapi terkadang slogan tersebut hanya slogan semu, atau hanya berlaku ketika touring, nonton panggung, makan-makan dan acara-acara lainnya yang sifatnya mengumbar kegembiraan. Sementara slogan ini menjadi layu, basi bahkan musnah tak berarti, ketika ada anggota yang kesususahan. Ibaratnya mereka yang ada dalam group seperti ini, seharusnya mengganti slogan “seduluran sak lawase ” dengan :

” Kalau untuk urusan senang-senang mari kita bersaudara. Tapi kalau lo susah, lo urus sendiri kesusahan lo. Yang susah bukan lo aja, gw juga susah”.

Kebetulan pada gathering malam hari ke-3, blogger-vlogger jatim kedatangan tamu, seorang blogger yang asli jatim tapi sedang ada proyek di bali. Kebetulan sang blogger ini sedang ada sedikit masalah di keluarganya, dan kami semua sangat perhatian untuk bisa membantu sebisa mungkin. Untuk saat ini yang bisa kami lakukan adalah berdiskusi untuk memberikan alternatif jalan keluar dari permasalahan yang dihadapinya.

Terlihat bahwa masing-masing blogger, khususnya iwf, berusaha untuk ikut merasakan kesusahan yang dihadapinya. Dan yang seperti inilah yang seharusnya  dipupuk dalah hati setiap anggota sebuah grup dalam mensikapi kesulitan yang dihadapi anggota lainnya. Kedapannya harapan iwf, group bisa semakin kuat, sehingga mampu membantu bukan hanya saran/pendapat, akan tetapi solusi yang bersifat nyata seperti bantuan keuangan, sarana, ilmu dan lain sebagainya. Sehingga setiap anggota group merasa bukan hanya sebagai anggota, akan tetapi sebagai keluarga yang selayaknya saling tolong-menolong.

Berikut ini, beberapa hal yang seharusnya (diharapkan dengan sangat) mampu dilakukan group untuk membantu anggotanya, khususnya group blogger-vlogger otomotif :

  1. Kegiatan untuk meningkatkan kualitas blog/vlog
    • Bantuan untuk mendapatkan referensi berita/info, baik dalam bentuk maya (link) maupun koneksi ke atpm
    • Bantuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan blog, sehingga menarik untuk dilihat, mudah dibuka, seo yang bagus dan lain sebagainya
    • Bantuan untuk meningkatkan kualitas menulisan artikel
    • Bantuan untuk meningkatkan kualitas video (editing)
    • Bantuan untuk memudahkan mendapatkan monetasi, sponsor dari pabrikan dan lain-lain.
  2. Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dalam hal permotoran/permobilan
    • Pelatihan safety riding
    • Pelatihan memahami servis motor/mobil standar berbagai merek
    • Pelatihan memahami pemecahan masalah umum motor/mobil berbagai merek
    • Pengenalan kendaraan motor/mobil mulai dari engine, kelistrikan, rangka dan lain-lain
  3. Kegiatan untuk meningkatkan kualitas hidup anggota
    • Bantuan keuangan untuk anggota yang kesulitan, baik untuk membayar hutang, membayar sekolah anak, berobat yang tidak ditanggung bpjs/kis, dan lain-lain
    • Bantuan dalam membangun projek-projek yang potensial untuk menambah penghasilan anggota
  4. Kegiatan untuk meningkatkan kualitas spiritual
    • Bagi iwf yang muslim, tentunya pada bagian ini adalah “ngaji”. Sehingga setiap anggota faham bahwa tujuan hidupnya adalah beribadah kepada Allah. Apa-apa yang ada di dunia ini hanyal titipan, senda gurau yang harus diwaspadai, jangan sampai melalaikan dari mengingat Allah.
    • Latihan menerapkan “kebaikan” bagi setiap anggota, baik dalam kegiatan nge-blog/vlog, saat touring, gathering maupun dalam kehidupan harian lainnya.

Semoga harapan ini bisa diwujudkan, baik untuk jatimotoblog/log, juga bagi group-group lainnya, yang kebetulan anggotanya membaca artikel ini. Sehingga pertemuan banyak anggota dalam acara gathering, tidak menjadi pertemuan yang sia-sia. Tidak menjadi pertemuan yang hanya mengumbar kegembiraan. Tapi juga menjadi pertemuan yang bisa meningkatkan, membahagiakan dan melipur lara setiap anggotanya, baik di kehidupan dunia maupun di akhirat, aamiin.

Tidak terlupa iwf ucapkan terima kasih pada mpm (insurance) yang telah mem-backup acara ini secara penuh. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan