Pemirsa MotoGP Larut Dalam Permainan Marquez


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Race yang sangat seru telah disajika di assen (dutchGP) dan memang diakui oleh para ridernya, apalagi penontonnya. Race ini menjadi seru karena berjalan lambat, motor tidak bisa mengeluarkan performa maksimalnya. Dan ini semua disebabkan oleh pendeknya stright (lintasa lurus) dan banyaknya tikungan.

Sehingga banyak motor+pembalap papan atas bisa bersaing di group depan dengan jarak yang sangat rapat. Dan saling overtake di tikungan, hampir di sepanjang waktu balapan. Dan yang yang cukup mengherankan adalah marc marquez yang seakan-akan “ngumpet” menghindari posisi satu hampir lebih dari separuh race.

Padahal jika melihat performa selama latihan bebas (free practice) dan kualifikasi (qialificatin) ia seharusnya mampu lebih banyak tampil di depan. Lalu apa yang sedang dilakukan marquez ?…

Berikut ini hasil latihan bebas dan kualifikasi marquez

  • FP-1 posisi-1 dengan laptime  1’34.227
  • FP-2 posisi-8 dengan laptime 1’34.041. Selisih 0.663 detik dari vinales di posisi-1
  • FP-3 posisi-1 dengan laptime 1’33.341
  • FP-4 posisi-1 dengan laptime 1’33.954
  • Q2 posisi-1 dengan laptime 1’32.791
  • WUP posisi-1 dengan laptime 1’33.939

Melihat hasil ini sudah sewajarnya jika marquez bisa memimpin dari awal. Akan tetapi coba lihat apa yang terjadi selama balapan…

Setelah marquez menyelesaikan tugasnya menyajika pertujukan, di 6 lap terakhir barulah marquez meloloskan diri dari group terdepan. Kira-kita inilah yang bisa motogokil sarikan dari apa yang dilakukan marquez dari komentarnya sendiri :

…But in the end I say ok we wait, we fight and we will see in the end and the last six laps we said now it’s time to give everything, it doesn’t matter about the Championship.

Jadi seandainya marquez dan honda rc213v-nya bisa leading sejak awal, tentunya nggak seseru balapan kemarin. Karena yang paling diinginkan adalah ada yang meng-overtake marquez dan marquez membalasnya. Bahkan mungkin banyak yang berharap, marquez crash, baik sendirian atau karena pembalap lain.

Ternyata banyak yang tertipu oleh permainan yang diperagakan marc marquez dalam race di assen kemarin. Mereka (para pembalap group depan) ditinggal marquez dengan selisih lebih dari 2 detik. Selisih yang cukup jauh dari sebuah balapan yang sebelumnya ketat selama 20 lap, berikut hasil balapannya.

Dari hasil race ini, gap antara marquez posisi-1 dan rossi posisi-2 di klasemen rider sementara semakin jauh. Dan inilah yang membuat marquez senang dan rossi tampak kesal.

Mungkin inilah yang marquez rencanakan, coba lihat gambar “Lap Race Chart”, mengapa marquez senang berlama-lama di belakang pembalap lain, akan tetapi langsung bereaksi ketika di-overtake rossi ?

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting