[MotoGP] Dominasi Total Marquez di Aragon. Tapi Bukan Itu yang Membuatnya Juara Dunia

mm93-aragon-2016-win

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tuntas sudah balapan motogp di aragon. Dan marc marquez benar-benar menunjukkan bahwa ialah penguasa aragon saat ini. Ia berhasil mendominasi raihan waktu terbaik, mulai dari latihan bebas, pemanasan sampai balapan. Sampai-sampai fastest lap pun ditorehkan oleh marquez, dominasi total.

Tapi yang akan menjadikannya juara dunia bukan hanya capaian ini, melainkan sikap dan strategi yang ia kembangkan sampai saat ini. Dan hal tersebut terlihat saat race di aragon sore tadi. Sebelumnya ia berjanji untuk mulai “menyerang” dan itu dibuktikannya saat awal race. Di mana ia tampil agresif mengovertake lorenzo di lap-1.

Sayangnya ternyata performa ban motor rc213v-nya belum mendukung, akibatnya ia kehilangan traksi ban depan. Dan posisinya melorot dari posisi-1 ke posisi-5, dan disinalah sikap dan strateginya ditempa. Ia sadar bahwa ban-nya belum mampu mendukung performanya, sehingga ia harus sabar menunggu sampai cukup panas dan traksi ban mencukupi. Selanjutnya ia dengan sabar bergerak merangsak ke depan. Lap-5 berhasil naik ke posisi-4 dengan menyalip dovizioso, lap-7 naik ke posisi-3, lap-10 naik lagi ke posisi-2 dan akhirnya lap-12 marquez berhasil menyalip rossi mengambil alih posisi-1 sampai finish.

Berikut ini komentar marquez, mengenai hasil balapannya di aragon ;

“It didn’t start as I’d hoped, but I knew I had the pace. The important thing was that Rossi didn’t follow me. I tried to keep calm despite the difficulties. In the final stages I managed the situation. I think it’s an important result in terms of the championship to have finished in front of Valentino”.

Berikut ini hasil race tadi sore,

 

motogp-aragon-2016-race-result

beserta klasemen sementara pembalap, konstruktor dan tim

motogp-aragon-2016-champ-ridermotogp-aragon-2016-champ-const-n-team

Balapan menyisakan 4 seri lagi, sementara selisih poin marquez-rossi 52. Semakin berat bagi rossi untuk mengalahkan marquez di akhir kejuaraan. Apalagi marquez semakin bijak dan sabar (tidak emosian) sehingga menyelamatkannya dari crash, sementara di beberapa sirkuit tersisa (musim sebelumnya) honda terlihat sangat kuat. Tidak menutup kemungkinan bahwa rossi masih bisa juara dunia tahun 2016 ini. Yaitu ketika marquez mengalami crash parah sehingga tidak bisa ikut race sampai 3 kali.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

6 responses to “[MotoGP] Dominasi Total Marquez di Aragon. Tapi Bukan Itu yang Membuatnya Juara Dunia

  1. Waduh pak dozen yg terakhir gak enak banget,. Crash parah.. insya Allah gak akan terjadi, mudah2an itu berbalik ke haters si Marc ,.

  2. Sayangnya ternyata performa ban motor rc213v-nya belum mendukung, akibatnya ia kehilangan torsi ban depan. <<

    selama ini saya familiar dengan istilah traksi pada ban, tapi torsi pada ban,
    mungkin saya harus lebih banyak baca,..
    atau kebetulan miss type

  3. Ada fakta cukup menarik dlm event maximum speed atagon sepanjang fp smpai raca pak dosen, desmo dovi msh yg trkencang dg 343,6 kph nya…tp pedrosa udh bs nempel kedua dg rcv nya dg top speed 342,3 kph. Sepertinya udh ada progress dari sisi elektronik yg mnjadikan rcv mulai mnemukan perform sperti tahun lalu.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan