Tragis…Setelah Mendapat Penghargaan, Penjualan Vixion Anjlog

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Persaingan klan vixion dan cb memasuki babak baru. Babak di mana penjualan motor sport mulai menurun setelah bulan sebelumnya naik signifikan. Karena dua motor ini cukup berimbang posisinya, maka cukup menarik untuk dibahas dalam persaingan.

Bulan maret yang lalu data aisi menunjukkan bahwa penjualan motor sport nva dan ncb sama-sama turun. Tapi penuruan yang terjadi antara dua merek yang berseteru ini berbeda secara mencolok. Lihat perbandingan data distribusi bulan januari-februari dan maret 2016 ini…

data aisi 2016 maret

Jika distribusi ncb bulan maret dikatakan turun, maka distribusi nva bukan cuma turun, tetapi anjlog. Penjualan ncb yang bulan februari sempat naik 5972 unit, dari bulan januari, akhirnya merosot turun 1495 unit. Sedangkan nva yang bulan februari sempat naik 7799 unit, dari bulan januari, akhirnya anjlog 12926 unit.

Tragisnya pada bulan yang sama, maret 2016 nva baru saja dinobatkan sebagai “The Best Seller Sport”. Dan pada bulan maret 2016 pula penjualannya anjlog, seakan-akan terjadi kontradiksi antara gelar yang diberikan dan kenyataan yang ada.

vixion-the-best seller sport-Mplus

Dan apesnya lagi, meskipun sama-sama turun, kok ya new cb150r masih lebih tinggi distribusinya dibandingkan nva. Wah bakalan jadi perbincangan rider sport 150 cc nih.

Berikut ini perkiraan beberapa penyebab anjlognya pasar nva :

  1. Banyak fby yang lebih memilih membeli nmax dibandingkan mengganti nvl dengan nva (terlihat penjualan nmax naik signifikan dari 14000-an unit naik jadi 20998 unit)
  2. Karena jumlah vixion (old vixion, nvl dan nva) sangat banyak di jalan, sehingga tampak biasa dan tidak keren lagi (belum ada upgrade yang signifikan)
  3. Akibat poin 1 dan 2 serta sebab-sebab lainnya, harga secondnya juga jadi anjlog (nvl 2013 sehat, tidak ngebul di tahun 2015 cuma laku 17 jt [pengalaman pribadi])
  4. Beberapa sebab teknis yang mungkin sudah diketahui masyarakat sebagai kekurangan, yaitu oli cepat habis dan keluar asap putih di knalpot saat digeber di atas 10000 rpm dan lain-lain.

Itulah yang terjadi pada penjualan vixion bulan lalu, bulan april ini mungkin akan berubah, bisa naik bisa juga tambah turun. Barangkali para owner nvl atau nva punya pandangan dan pengalaman lain, monggo di-share.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

42 Komentar

  1. nva unggul 2 bulan, ncb unggul 1bulan. total 3 bln unggul siapa? ntar akhir desember bisa dihitung siapa yg paling laku setahun. itu baru adil gan.

  2. yah anda tidak baca kalo ini kan laporan tiap bulan, kalo tahunan ya tunggu akhir tahun, susyeh kasih pencerahan ke FBY yak…..

  3. Di jogja lebih gampang jual KLX 150 daripada Vixion lhoo (Yang tinggal di jogja pasti paham deh). Konsumen sdh bosan dengan vixion, kalau aja Old cb150r ga klotok2 n masih nular ke new cb, mungkin vixion udah anjlok jauh

    • iya bener malah yg cari banyak. mungkin lagi di gradungi padahal tenaga gak seberapa kalau masih standar lho. kalau diklaten yg makai bapak2 full buat trabas

  4. Siipp bukan cuma fby yg pindah tren ganti ke nmax. Di club banyak rider pulsar selingkuh dan beralih ke nmax…
    Pake naked 150cc membosankan…

  5. Emang udh berumur and belum major update terutama di sektor mesin. Wajar kalo jenuh… Tapi dilema juga kalo terlalu banyak gonta ganti mesin kasihan yg beli generasi2 sebelumnya bakal kesulitan nyari sparepart.

  6. yg cerdas yamaha..disaat sport 150 mengalami kejenuhan..yamaha punya produk yg diunggulkan..walau beda genre..yaitu matic .desain big scooter..

    pintar baca situasi..kemauan pasar..buka lahan baru..cerdas..

    ga kyk pabrikan sebelah..selalu ngekor..ga punya ide…

    harusnya ini yg dibahas…!!

    • perlu belajar marketing broo…

      untuk menguasai pasar tak selamanya harus jadi trendsetter.

      klo jadi follower aja bisa no. 1 ngapain jadi trendsetter?

      lo cost hi impact

        • Benar memang kalo jualan pasti cari untung, tapi kalo kualitas di no duakan gimana pendapatnya?? gelar juga cukup penting, kalo gelar nya aja jelek yakin ada yg mau beli dan bisa untung ??

          • yg laku blm tentu yg terbaik dari segi kualitas,

            fakta dilapangan, brg jelek msh ada yg beli,

            karena jelek tdk mungkin seluruhnya jelk, pasti ada yg bagus,

            brg yg bagus pun tdk semuanya bagus dari segala sisi

            kalu semua bagus, artinya sempurna 100%,

            dan itu jrg terjadi

          • kualitas , harga dan margin itu selalu dipikirkan pabrikan dalam menciptakan suatu produk dan tentu saja disesuaikan dengan marketnya!

            moga paham

  7. sgl sst ada waktunya! wajar jika mulai saat ini dan ke dpnnya klan V’xion anjlog! artinya sdh waktunya major change!

  8. bisa saja permintaan nvl sudah dititik jenuh….
    bisa juga ditimbun dlu..lihat hasil bln dpn pasti mroket…
    bisa juga ada trouble diperakitannya…
    bisa juga ya karena masih ada banyak stock di gudang dealernya…Buat apa buat banyak2 tapi numpuk digudang?????
    bisa juga sedang ada project New….

    hahahha dan disilahkan ditambahkan analisanya masing-masing….

  9. akibat genjot suplay berlebihan berakibat numpuk di gudang cuman buat dapat tropy doank & akhirnya nyungsep… 😆

  10. yg jual 17 kelewat PINTER saking PINTER

    pnya(2nevil drmh 2013&2014)

    pnya ane aja yg Nevil 2013 laku 19 di dealer mokas

    inget loh dealer mokas…

    bukan dijual ke personal….

    dealer mokas aja berani segitu…

    gak percya..

    gue tunjukin alamatnya

  11. Yamaha sengaja mendistribusi dg jumlah sedikit untuk menipiskan stok livery lama….sedangkan bulan ini akan lahir livery moto gp terbaru…..bln depan pasti normal lagi di angka 20ribuan….percuma bawa2 isu nva ngebul dan boros oli krn masalah itu hanya di jumpai di vixi thn 2013……produksi tahun 2014 sampai skrg udah ga ada yg ngebul dan boros oli pak…….konsumen juga sudah cerdas pak,……di dekat rumah aja banyak yg mau beli nva tp gara2 hadir n-max mereka lebih milih n-max..alasannya simple,mereka udah bosan dg modelnya nva,bkn krn ngebul dan boros olinya…..hehehehehe

  12. Benar bc isu mesin yang ngebul ga mempan, karena memang sekarang sudah jauh berkurang, kira2 sekarang tinggal 19% saja.

  13. Dan motorplus yg memberi trophi berkata “sialan gw ditipu ama yamaha”.
    Ternyata gak cm konsumen yg tertipu tp majalah otomotif jg kena tipu, mgkn bloger jg ada yg kena tipu kah ?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan