Viar CrossX 250 Memiliki Konfigurasi Engine Mirip Yamaha WR250R, Apakah Performanya Bisa Menyamai WR250R ??

WR250R n CrossX250

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kehadiran motor tril keluaran Viar, yaitu CrossX250, cukup menarik perhatian, terutama rider yang hobi menerabas alam bebas dengan kualita jalan yang seadanya. Selain harganya yang cukup murah, penampilannya pun sangat meyakinkan. Lalu bagaimana dengan performanya ? Performanya boleh diadu dengan motor tril jepang maupun eropa, testimoninya sudah banyak di-share oleh blogger lainnya.

Seperti yang telah ane ulas di artikel sebeluumnya, bahwa konfigurasi engine viar crossx250 sangat mirip dengan engine yamaha wr250r, akan tetapi power wr250r masih jauh lebih besar. Perbedaan powernya disebabkan beberapa variabel wr250r lebih superior dibandingkan crossx250. Lalu bagaimana jika variabel-variabel tersebut disamakan, apakah power nya akan setara ?…..Mari kita diskusikan bersama

Persamaan dari engine wr250r dan crossx250 adalah bore dan strokenya (kotak biru), sehingga dilihat dari sisi ini kedua engine akan memiliki potensi yang sama. Sedangkan perbedaan spesifikasi engine yang paling kentara antara wr250r dan crossx250 adalah rasio kompresi (CR) dan rpm power puncaknya (kotak merah). Dan perbedaan lainnya yang mempengaruhi performasinya adalah bobotnya (kotak hijau).

spec wr250r vs crossx250

Meskipun power crossx250 lebih kecil dari wr250r, akan tetapi bobotnya juga lebih ringan, sehingga perbedaan pwr nya tidak terlalu jauh. PWR wr250adalah 0.23 ps/kg, sedangkan crossx250 0.21 ps/kg.

Dan inilah gambaran konfigurasi dari engine kedua motor tril di atas

spec wr250r vs crossx250 power

Jadi memang sepertinya crossx250 dibangun dengan spesifikasi engine yang sangat mirip dengan wr250r.

Perbedaan yang paling signifikan adalah di rpm power puncaknya dan CR-nya. Dan jika variabel tersebut disamakan, maka powernya pun akan setara, yaitu sekitar 30.47 ps / 10000 rpm. Perubahan ini justru akan menjadikan pwr crossx250 lebih unggul dibandingkan wr250r, karena sekarang pwr-nya menjadi 0.242 ps/kg.

Peningkatan rpm dapat dilakukan dengan beberapa upgrade diantaranya yang paling penting adalah ECU, header knalpot, durasi noken-as, panjang manifold. Sedangkan part pendukung lainnya yang harus mengikuti untuk dirubah adalah per klep. Perubahan CR dapat dilakukan dengan mudah dengan mengganti pison high-dome, dan tentunya harus diikuti dengan perubahan timing pengapian di ECU. Perubahan lainnya adalah penggantian kampas kopling dan per kopling standar dengan part kompetisi.

Tentunya ubahan itu menuntut kopensasi disisi durabilitas komponen disekitar ruang bakarnya. Peningkatan rpm akan mempengaruhi durabilitas klep, per klep, rocker-arm dan lain-lain. Sedangkan peningkatan cr akan mempengaruhi durabilitas piston, ring-piston, kestabilan crankshaft dan lain-lain. Jadi jika kualitas komponen-komponen crossx250 sama bagusnya dengan wr250r, maka sangatlah mungkin crossx250 di-upgrade setara dengan wr250r.

Sampai disini obrolan dan diskusi kita, mohon maaf kalau ada salah dan kurangnya. Kepada brother yang lebih ahli mohon masukan dan koreksinya.

Dan semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

32 Komentar

  1. Ga masuk akal yimm nempatin harga selalu, ntahlah mungkin kualitasnya kali ya. Tapi masa mahal bgt dari KLX250 -_-
    Viar murah udah kewajiban, biasalah chino memakai dumping dijual diindonesia dengan harga murah. Tapi kebetulan sih depan rumah ada tetangga jualan sayur punya bakul motor viar dan awet aja sih kayaknya. Kalau trail? Butuh pengujian lebih lanjut secara medan perang trail juga beda dengan yang viar bakul.

  2. ono rego ono rupo….
    mesin viar di tune kayak spek WR250 yo bakalan ambrol…. kualitas material gak bohong…. lha di IRS aja ninin 250 yg katanya bisa aman 14000rpm, nyatanya klep gak bisa bertahan lama kok…, ini material kawak asli yg terkenal bandel lho, apalagi viar yg materialnya utk hi-speed blum teruji… makanya wr250 make titanium valves…

    • setuju sama om ini
      WR250F materialnya udah beda
      jangan samain sama Viar CrossX 250
      oke kalo konfigurasi diasamain
      tapi durabilitas nya gimana?
      di ajak lompat2an gimana?
      ambrol dluan paling

      harga g pernah boong
      tanya kenapa R125 di eropa sono harganya beti sama ninin300/r3/cbr300
      soalnya material no wahid meskipun cuma 125cc

      dan mana dlu yang mendewakan DOHC?? viar SOHC loh, katanya SOHC g sebanding sama DOHC, kok sekarang belain SOHC nya viar???

    • Kate siapa, kalo ngak bisa ngopreknya jgn bilang materialnya jelek. Ketahuan ente ngak ngerti mesin.
      Ninja250 bisa kok tembus 20rb rpm cek diyoutube.
      Asal tau aja mesin apapun yg overlapnya >50an derajat, dipake rpm tinggi >21 m/s
      ya pada tabrakan dong……. Mikir? Xixixixixixixi

  3. Wkwkwkwk barang yamaha ga ada yg bagus ya di mata cakil, klep titanium, silinder keramik, disamain sama motor viar ya jelas beda keleees cakil. Ngejar iklan honda ya kil? Sampe segitunya dasar aku bodooo oooh!

    • nih orang nafsu banget
      dah dibaca belum artikelnya?
      memangnya siapa yang bilang wr250r nggak bagus?
      semua juga tahu kalau wr250r sangat bagus, ente takut ya kalau wr250r nggak laku gara2 kemahalan?

    • btul bro masih karbu, karbunya cuma kecil sbesar pro series, ganti aja carbu yg lbh gde n porting lagi, potensi lbh performanya msh terbuka lebar, tp jgn brlebih ntar part mesin ada yg brmasalah gk kuat, klu sy lbh suka std aja ganti roda cukup, kan jln dimari byk jbakan batmannya, gk cocok buat moto sport

  4. kalo gak mo pusing,…secara yg di komper langsung di artikel mesinnya,…..tinggal ganti aja segelondong mesin wr250 ke rangka cross viar,…..truss….arep dadi pira regane…? 65jt offTR…?
    mending yg sudah pasti aja yg ditebus,…..sesuaikan ama selera dan kekuatan financial

    • Itu seninya bro, buat yg ngerti mesin. gimana caranya supaya performanya melebihi yg brandit aka overpress td. spek Bore x stroke udah sama, tinggal Oprek dikit.
      Sama2 4tak, nilai power yg besar ngak jaminan yg tercepat.
      Co: P200ns 23ps bisa imbang sama cbr150 lokal 17ps.

  5. komparasinya ga imbang dari segi harga dan mesin….
    viar kan sohc om…
    wr250 kan dohc…

    apa nanti kata FBH…., motorsport garuk tanah kok sohc? lol

  6. Anjrit, baru baca di tabloid otomoytif, naksir berat sama viar, kumpulin duit ah. Insya Allah kebeli. Lumayan di jadiin supermoto nih. Buat jalanan jakarta penuh lubang neraka akhir2 ini, 😀

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan