[MotoGP] Merenungkan Permintaan Marc Marquez, Ngeri-Ngeri Sedap

Diposting pada

marquez req

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebelum Marc Marquez (mm) memecahkan rekor tak resmi di sepang kemarin, ia pernah minta agar tenaga dikurangi. Kemudian setelah tes di sepang ia mengharapkan ada tambahan grip pada ban, untuk mengimbangi motor rc213v 2015 yang katanya lebih agresif. Berarti menurut mm tenaga rc213v terlalu besar untuk kondisi grip saat ini, makanya tenaga minta dikurangi dan gripnya minta ditambah.

Ngerinya, dengan kondisi yang masih banyak kurang mm mampu mengukir rekor 1:58.867 di sepang kemarin. Mungkin saja banyak tim rival yang mearasa ngeri dengan capaian mm ini.

Sedapnya jika permintaan tambahan grip ini dapat dipenuhi oleh hrc, maka kemungkinan besar mm akan meminta agar power motornya di perbesar kembali seperti semula. Jadi grip turun – power turun, grip naik – power ikut naik.

Mengenai permintaan pengurangan power, ane agak faham bagaimana caranya. Nah ane kurang faham adalah bagaimana menigkatkan grip ban baik ban depan maupun ban belakang. Tentunya teknik untuk meningkatkan grip ban depan dan belakang berbeda. Tapi bukannya grip ban juga tergantung dari kondisi lingkungan dan sirkuit? Lha puyeng juga mikirnya..

Mungkin ada dari bro-bro sekalian yang faham bagaimana meningkatkan grip ban untuk balapan ?

(Asumsinya pengingkatan grip ban, selain dengan cara mengganti ban tipe lebih soft)

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

24 thoughts on “[MotoGP] Merenungkan Permintaan Marc Marquez, Ngeri-Ngeri Sedap

  1. Itu karena HRC masih percaya sama stoner untuk ujicoba mesin. “berikan kami motor dengan power sebesar besarnya, masalah handling biar kami(pembalap) yang mengatur”.

  2. powernya pasti meledak ledak tapi traksinya gak berimbang makanya gripnya jadi kurang…

    🙂

    belaga zo tau…
    sambil cengengesan

  3. Bisa pake traction control mungkin kang, diatur sedemikian rupa shg ktika memasuki tikungan grip yg diinginkan bs tercapai

  4. Klo tenaga yang terlalu besar, sementara gaya MM sering late brake, secara otomatis dorongan tenaga saat late brake membuat tekanan pada ban depan akan semakin besar yang brujung kehabisan gripnya lebih cepat.. itulah kejadian yang membuat yamaha selama 2014 kemaren kalah… klo soal suspensi dan kesetabilan RCV udah sempurna kayaknya.. mungkin dengan setting kontrol traksinya aja kali pak dosen…IMHO

    1. mencla mencle, komen dowo,.
      ujung2 IMHO,
      in my humble opinion,
      daripada banyak opini demi membela garpu karat, keliatan pinter padahal muter2 berujung IMHO
      mending nunggu GP 2015,
      untuk kesekian kali honda akan nampol yamaha berlusin kali sampe garpu karat jadi goblogk

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan