Masalah di Engine NVL Akankah Menulari NMAX150 ?

diasil forged02

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu fitur yang menjadikannya vixion raja motor sport adalah fitur engine-nya, yaitu :

  1. Diasil cylinder
  2. Forged Piston
  3. Diamond like hard carbon (DLC) ring piston

Dan memang mesin vixion (old) yang mengusung teknologi ini diakui kehandalannya. Maka wajarlah akhirnya megapro tumbang, dan sampai sekarang singgasana raja motor sport masih diduduki oleh klan vixion.

Seiring dengan meningkatnya keketatan persaingan dari kompetitor dengan rilisnya cb150r, fitur dan performa vixion ditingkatkan untuk mengimbangi performa cb150r. Beberapa fitur mumpuni seperti bodi yang bagus, ban tapak lebar+tubeless+laser cut key+Hi bro display+tutup tangki rata + pass beam + engine cut dan power yang meningkat, berubahlah old vixion menjadi new vixion lightning (NVL). Beberapa bulan terahir, mulai tampak masalah baru yang menghinggapi NVL, bukan dari fitur yang baru disematkan pada nvl, akan tetapi fitur performance yang merupakan fitur unggulan old vixion. Anehnya permasalahan tersebut tidak muncul pada old vixion. Beberapa permasalahan tersebut diantaranya :

  1. Engine vixion yang haus oli
  2. Knalpot berasap cukup pekat (ngebul)
  3. Piston rusak

Ketiga permasalahan tersebut timbul di sekitar silinder, piston dan ring piston. Sebagian mekanik /blogger telah menganalisis bahwa salah satu sumber pemicu permasalahan tersebut adalah ring piston. Ketika ring piston nvl diganti dengan ring piston old vixion, maka permasalahan tersebut selesai.  Akan tetapi (menurut ane) bisa saja sumber permasalahnnya bukan hanya komponen tersebut akan tetapi ditambah oleh perlakuan biker terhadap motornya yang tidak sesuai prosedur.

Kronologi terjadinya masalah tersebut adalah sebagai berikut

  1. Ketika kinerja part disekitar ruang bakar tidak sesuai, maka lapisan oli di dinding silinder sebagian besar terbakar. Padahal seharusnya sebagian besar tersapu oleh ring piston kembali ke crankcase.??????????[sumber]
  2. Volume oli akan cepat berkurang, sementara oli yang terbakar menghasilkan asap putih yang cukup pekat (ngebul)oli berkurang drastis[Sumber]
    knalpot ngebul[Sumber]
  3. Berkurangnya oli yang tidak segera diantisipasi (ditambah atau bahkan diganti baru), akan menyebabkan performa pelumasan berkurang. Sehingga kombinasi panas mesin+pemuaian komponen+ pelumasan yang kurang, akan menimbulkan masalah piston ceket (piston terjepit silinder/ngejam). Jika ngejam nya di bawah maka conrod bisa patah dan menghajar crankcase sampai jebol. Jika ngejam-nya di atas, maka bagian bawah piston akan remuk, karena conrod dan pin piston lebih kuat.piston remuk[sumber]crankcase jebol[sumber]

NMAX150 pada fitur performance nya juga mengadopsi fitur diasil cylinder dan forged piston, pendingin cairan, serupa dengan engine nvl.

Akankah permasalahan yang timbul di nvl, juga akan muncul di nmax150?

Semoga saja tidak, semoga saja yamaha tanggap atas permasalahn yang ada di nvl dan segera melakukan perbaikan untuk semua engine yang serupa dengannya. Karena jika tidak, volume oli pada nmax akan lebih cepat habis dibandingkan nvl, disebabkan mesin yang relatif lebih horizontal.

Kita tunggu konfirmasi dari blogger kondang dan pabrikan (YIMM), apakah engine nmax lebih baik dari engine nvl.

Lebih kurangnya mohon maaf, semoga berguna wassalamu’alaikum wr wb.

35 Komentar

  1. Next on Motogokil
    Masalah di CB150R akankah menular di Vario 150?
    Masalah di Galaxy S5 akankah menular di Galaxy Mini?
    Masalah di Ertiga akankah menular di Satria FU?
    NANTIKAN KELANJUTANNYA!!!

    • di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang

      lanjutkan nak tampilkan kebodohan mu

      ngoahahahaha

      😀 😀

    • Santai aja bro… kalo cuma minor kasus tapi digeneralisasi seakan2 semua begitu, ane punya temen 2 orang pake CB, keluhan mulai dari per perseneling patah, kipas radiator meleleh, oli rembes dan mesin klotok2 ampe skrg belom sembuh2… trus apa mau digeneralisasi semua produk CB begitu?? keep calm aja bro…

  2. Kalo gak percaya lihat tabel harga part resmi yamaha antara blok ovi dan blok sinchan. Harganya bak langit dan bumi. Dulu juga pernah ipan pertamax buat artikel knpa sincan pada ngebul putih.

  3. Itu namanya gejala overheat bro dosen… Selama spek mesin pake overstroke yg under power & disetting overlap besar supaya ada backpressure untuk menaikan CR=power naik. Bisa jadi nmax juga ngebul2 sama kaya vixion series.

  4. motornya baru launcing.
    konsumen nomor urut 1 belum ada, apalagi megang, boro-boro make.
    tapi prejugde udah tayang
    hmmmmm….

    ealah…

  5. Denger-denger katanya (cmiiw ya) skutik xmax mau dirilis Y juga.
    Nantikan artikel dengan judul :
    Masalah di Engine NVL Akankah Menulari XMAX ?

    Ealah…

  6. Disinyalir dengan kekuatan finansialnya H melalui ngahaem akan langsung melakukan uppercut terhadap nmax dengan menghadirkan 3 motor produksi lokal keroyokan sekaligus :
    – PCX Fit S velg jari-jari
    – PCX sporty
    – PCX Pop
    Juoooooossssss…ngoahahahahaha
    Ngahaem dilawan. Ora iso coy!!!

    Ealah..

  7. Kayaknya tergantung cara pakenya deh…. karena sebanyak2nya saya ketemu rider nvl blm ktmu tuh yang ngeluarin asep atw bahkan ngebul… bisa jadi itu motor2 yang upgrade power tanpa mengupgrade komponen pendukungnya… tapi klo pemakaian harian, sepertinya masih aman lah…cmiiw emang dah banyak kasusnya ya om dosen??

  8. wkwkwk, bnyak bnget fby kalap, ngatain ini ngatain itu tapi ngk ada alasan yg patut di pertanggung jawabkan, om gokil itu nvl owner, dan dia lbih tau mslh nvl, ane stju dgn admin, ane ex pmlik mx 2006, di gas mentok ngebul putih dri knalpot, ane gnti slinder komplit ama piston dn ring, di pake 5 ribu kilo ngebul lagi, ane gnti klep, sekian ribu kilo ngebul lgi, what the fuck ane bore up aj pke blok slinder tdr 60 mm piston.. trikan mantaaapp, tpi ya itu kthan mesin pyah, tmen ane pnya ovi 2009 standar ting2, dn tnaga mesinnya tokcerrr.. ane rasa kasus nvl ngebul ngk bsa di sama ratakan, even though itu tejadi pda sbgian nvl, dan untuk cb, ksusnya mang lbih umum bnyak mngalami, dn mnurut ane cb itu produk gagal, krna mang built qualitunya jlek, lain klo cbr lokal, msih mending tpi tidk lbih baik dri.r15 buil qualitinya.. r15 mesinnya sma dgn nvl, tpi ngk prnah dger mesin ngebul.. ksimpulannya apa???.. tiap produk pnya klamahnnya, dgn hnya 1 dri 1000 org yg pnya mslh kta ngk bsa ngejudge produk itu jlek… intinya klo dh mlai sring rewel, djual ajaaah.. hehehe

    • masa sih mx nya ngebul?

      gue ex user jupi mx 2005 warna biru silver pelk jari2 batch pertama (sampe indent 3 bulan) ga pernah ngebul tuh smpe motorny dijual taun 2013 kmaren gr2 kbnykn kendaraan dirumah (freed, grandis, scorpio, xeon, hsx 125 karbu n mx) wkwk

      pdhl sering mentok juga gas nya (gr2 ngejar jdwal kuliah wkwk)

      bner ga bisa di judge lgsg nular

      beda sm cebong, itu emang motor super duper gagal gr2 awalnya kejar tayang

      n parahny nular ke cbr lokal yg susah pindah gigi (

      • bener ngebul bro armored, mknya ane smpat illfill ama tipe engine mx dkk, tpi ane balik lagi ini mgkin 1 produk yg bermasalah dri skian pluh ribu produk, krena dijalann ane jg jrang ngliat mx ngebul thun yg sma dgn ane.. ane jual murah aj 5 jt, krena dh hopelss ngk tau solusinya.. penilaian ane dgn tipe mesin ini, jujur ini mesin pling ringkih yg prnah ane temui, karena dinding enginennya tipiiss dri kbnyakan engine mtor lainnya.. tpi stu sisi ini tipe engine yg pling indah yg prmah ane temui.. 4 valve sohc radiator pump di head,.. dan ini mesin bener2 ringaaannn.. wktu trun mesin prnah ane coba ngangkat glondongan mesinnya. mungkin kompensasi dinding enginneya yg tipis.. tpi overall ane puas makenya, wlopun ngebull.. cm ini aja mslah engine clan vxion dkk, kdang dpet produk jlek ada aj mslahnya…
        mesin clan cbr ane jg suka, cm ya itu klo rkitan ahm built qualitynya amburadul,… bikin ogah2an..
        skrg ane pnya scoopy fi, over all puass makenya.. ente make k45 ya, durabilitas k45 msi di pertanyakan mnrut ane.. sport ahm msihh jauuh dri sport yamaha..

        • ga bro

          cm pernah nyobain k45 punya tmen seharian gr2 pnasaran, ternyata msih enak scorpio z gue wkwk

          ya tau ndiri bro karakter ahm, apalagi sportnya

          kepepet kompetitor -> majuin jadwal launching -> taraaaa akhirnya banyak troubel sana sini

          😀 😀

  9. Gak usah berdebat, ngebul krn gejala overheat itu terjadi pada rpm tinggi agak sulit dideteksi, bisa 8rban rpm saat digeber2 ditempat, bisa 9-10rban rpm saat dikendarai.
    Parameter paling akurat adalah volume oli yg berkurang drastis.
    riding santai rpm <9rb juga bisa mengurangi gejala overheat.

    • ane rasa, ngebul dgn over heat ngk ada korelasinya, efek dri overheat adlh ngejam dn mesin akhirnya mati, sdgkan ngebul lbih ke material piston, ring pston, slinder, sil klep, klep dan toleransi msing2 komponen trsbut..
      dan yap prameter yg akurat adlh level oli mesin apakh berkurang drastis ato ngk..

    • Menurut saya sangat berhubungan, ngebul krn overheat hanya terjadi pd rpm tinggi beda kalo ngebul krn silinder baret misalnya dari rpm awal juga udah ngebul.
      Ngebul krn overheat terjadi saat pemuaian sill klep, ring piston, piston dan silinder tidak pas bikin celah kecil oli bisa bocor.
      Gejala awal overheat adalah ngebul & oli berkurang, sedangkan kl ngejam/ mesin mati itu biasanya udah kronis/oli udah sangat sedikit.

  10. nah ini masalah yg ada di nvl ane, nvl taun 2014 mulai servis ke 4 ngebul problem detected, d gas dlam kondisi diam smpe 9000rpm asep kluar parah, tnya ke mekanik BeRes jawaban gk pernah bisa bkin puas, ktanya ada aer masuk lewat filter udara pz cuci mtor, ktanya sisa pembuangan, ktanya limiter mesin mulai bekerja, akhir nya capek, gw diemin tuh asep ngebul, kata mekanik nya klo emg ada masalah krna ngebul tdi bisa masuk garansi, ane ikutin aja…nada saran dri suhu”?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan