Mengapa Event Filano Cenderung Sedikit Dibandingkan Fazzio ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kita semua tahu bahwa motor skuter matik yamaha yaitu filano lahir setelah fazzio. Dan filano memiliki kelas yang lebih eksklusiv dibandingkan fazzio. Ibaratnya bagi rider yang ingin naik ke kelas yang lebih tinggi, maka harus beralih ke filano.

Dan yang menjadi pertanyaan adalah ketika acara-acara atau event untuk menggaungkan fazzio begitu marak di seluruh Indonesia, mengapa untuk skutik yang lebih berkelas justru cenderung sepi ? Ada beberapa analisis iwf mengenai hal ini, berikut ulasannya …

Seperti tampak pada gambar judul, bahwa posisi yamaha fazzio dan filano seperti piramida. Yamaha fazzio terletak di bagian bawah dengan volume yang sangat besar, sedangkan filano terletak di bagian atas dengan volume yang jauh lebih kecil. Hal ini menunjukkan level classy dari masing-masing, yang mana fazzio berada di level yang lebih rendah, akan tetapi memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Sedangkan filano berbasis pemahaman trend classy yang ditawarkan pada fazzio, memiliki kelas yang lebih tinggi, tapi memeng diperuntukkan untuk pangsa pasar yang lebih kecil dibandingan fazzio.

Hal ini memang terkait dengan karakter yang dibawa oleh masing-masing motor skutik ini, baik fazzio maupun filano.

  • Fazzio bergaya trendy dan energik, dikhususkan untuk rider di level remaja yang memang memiliki pangsa yang sangat besar. Mungkin range umur yang bisa dijangkau mulai dari 17 sampai 30 tahun. Dan dengan ditunjang dengan harga yang cukup bersaing, menjadikannya terjangkau oleh konsumen yang memiliki level ekonomi menengah ke bawah.
    Dalam rentang umur dan pendapatan ini tentunya memiliki sekup yang sangat luas jika ditinjau dari kondisi sosial dan geografinya. Sehingga untuk memperkenalkannya dibutuhkan acara yang banyak mulai dari level pelajar sampai pekerja muda, dan dari pedesaaan sampai perkotaan. Sehingga acara yang diadakannya pun menjadi sangat banyak, meriah dan masiv.
  • Filano dengan style elegan dan lebih eksklusif, tentu saja pangsa pasarnya bukan lagi remaja. Akan tetapi para rider yang telah matang yang memiliki kegiatan riding yang tidak sebanyak para remaja. Mereka yang menjadi konsumen filano ini cenderung melakukan riding hanya untuk sekedar ke antor ataupu hangout bersama teman-teman. Jadi yang mereka butuhkan adalah kenyamanan, style yang lebih berkelas dan eksklusivitas berkendara.
    Orang-orang dalam pangsa pasar ini, tentunya tidak banyak, apalagi filano dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan fazzio, pembelinya tentu saja jauh lebih sedikit. Dan mereka ini merupakan tipe orang intelek/berpendidikan tinggi, yang mencari motor langsung ke sumbernya tanpa perlu berbagai event.

Dan memang kalau menurut iwf, sudah seharusnya yamaha melakukan langkah yang berbeda dalam memperkalkan fazzio dan filano. Meskipun sama-sama memiliki style classy, akan tetapi kedua motor ini berada pada level yang berbeda, dan memiliki calon konsumen yang kelasnya juga berbeda. Agar terdapat eksklusivitas filano dibandingkan fazzio, maka cara dan proses perkenalannya terhadap konsumen harus dibedakan. Salah satunya adalah acara-acara filano cenderung lebih sedikit dan lebih eksklusiv diandingan acara fazzio.

Semoga analsis iwf ini berguna bagi para pembaca sekalian, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.