Strategi Tandem Skutik Yamaha Perkuat Penentrasi Segmen Classy

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamay di perjalanan sampai ke tujuan.

Awal tahun 2022 yamaha me-launching skutik pertamanya di segmen classy, yaitu fazzio connected hybrid. Satu tahun kemudian tepatnya di bulan maret 2023 lanching lagi skutik yamaha yang juga di segmen classsy yaitu filano. Banyak pengamat dunia otomotif, khususnya roda dua bertanya-tanya, apakah dua classy ini akan “saling memakan” pangsa pasar sehingga menjadi kontra produktif ?

Ternyata hal seperti ini sudah dipertimbangkan oleh pabrikan yamaha, mengenai sepak terjang duo skutik classy ini. Memang dua skutik ini, fazzio dan filano, sama-sama classy, alias merupakan skutik yang berkelas. Akan tetapi ternyata keduanya ditargetkan menjangkau dua segmen classy yang berbeda. Hal ini sangat mudah dijelaskan jika kita melihat dua classy yamaha ini dijejerkan, maka langsung akan terasa perbedaan segmen keduanya, meskipun sama-sama classy.

Lihat perbedaan panampakannya …

Jadi jelas ya bahwa fazzio ditargetkan akan menyasar kaum remaja yang ingin memiliki style yang lebih berkelas dibandingkan jika menggunakan skutik lainnya. Tersirat nuansa energik, gesit dan ceria menemani aura classy-nya. Sedangkan filano menyasar kaum yang lebih matang, karena tampak jelas garis-garis style yang lebih elegan dibandingkan fazzio.

Jadi beda segmen antara fazzio dan filano meskipun sama-sama classy. Harapannya ketika pengguna fazzio mulai beranjak semakin dewasa, dengan kehidupan yang lebih matang, baik di aspek emosi maupun aspek kehidupan lainnya, maka ia akan tetap mertahan di segmen classy tapi pindah ke filano, tidak ke yang lain. Hal ini sepertinya sudah dipertimbangkan dengan sangat matang dari hasil survei yang telah dilakukan oleh yamaha.

Selain dari segi style dan warnanya, dari segi performanya dan hargnya juga sudah beda. Performa filano dibuat lebih kalem ketimbang fazzio, dan harga filano lebih tinggi dibandingkan fazzio karena memang part-part lebih berkelas dibandingkan fazzio. Jadi terkait dengan perbedaan segmen ini, yamaha benar-benar men-setting semua aspeknya agar sesuai dengan segmen yang dituju.

Oleh karena itu, duo skutik classy yamaha ini diyakini tidak akan saling memakan pangsa pasar. Karena konsumen ketika melihat duo classy ini otomatis langsung terbelah menjadi dua segmen yang berbeda. Yang berjiwa muda, energik dan memiliki mobilitas tinggi akan memilih fazzio, sedangkan yang berjiwa matang akan memilih filano, semuanya sama-sama ingin tampil dengan kelas yang lebih tinggi dibandingkan pengguna skutik lainnya.

Jadi duet duo skutik classy yamaha ini malah membuat pangsa pasar semakin lebar jangkauannya. Merupakan tandem dua punggawa yang cukup solid dalam menguasai segmen classy ini. Seakan menutup peluang merek lain untuk mengambil ceruk pasar yang mungkin masih tersisa. Dan terbukti sambutan konsumen terhadap dua classy ini sangatlah hangat, laris manis sampai inden.

Semoga strategi yamaha menggelontorkan skutik classy ini bermanfaat bagi para pengamat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.