Bekakas – Masalah dan Solusi Suzuki Spin Mogok di Jalan

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Beberapa bulan yang lalu, iwf baru saja meminang motor bekas suzuki spin sr, dengan harga yang lumayan miring dibandingkan matik-matik lainnya. Kondisinya juga lumayan bagus, meskipun ada minus di sana-sini. Saat dikendarai pulang dari rumah penjual sampi ke rumah iwf  juga nggak ada masalah yang berarti. Bahkan sampai digunakan lebih dari sebulan pun tanpa kendala.

Akan tetapi tiba-tiba si spin ini mati di jalan, inilah pertama kalinya spin mogok. Dan akhirnya minta bantuan bengkel untuk men-charge aki, dan setelah aki siap, spin pun enteng melaju ke rumah. Langsung was-was, bagaimana jika aki tekor di jalan ? Akhirnya secara terpaksa iwf beli aki baru untk spin, dan spin kembali normal.

Analisisnya adalah, suzuki spin tidak akan hidup secara normal, dan bahkan mati jika akinya soak. Meskipun aki tersebut sepertinya masih berfungsi, dengan mengujinya membunyikan klakson, akan tetapi itu saja tidak cukup untuk menghidupkan mesin spin. Katanya spin membutuhkan aki yang lebih baik ketimbang motor-motor lainnya.

Akan tetapi tiba-tiba penyakit mogok di jalan kambuh lagi, tapi gejalanya berbeda dari mogok sebelumnya. Mogoknya kadang-kadang, setelah ditunggu beberapa menit bisa jalan lagi. Tapi jalan sebentar mogok lagi. Selidik-punya selidik ternyata selang yang menghubungkan manifold dan keran vakum di tangki bensin robek sedikit.

Analisisnya adalah, ketika starter robekan selang vakum masih rapat, sehingga kevakuman akibat hisapan piston bisa tersampaikan ke kran vakum, dan bensin bisa mengalir dari tangki bensin ke karburator. Akan tetapi ketika motor sedang dinaiki, maka terjadilah goyangan, dan robekan selang ini kadang rapat kadang terbuka. Ketika terbuka, maka kevakuman dalam selang tidak terjadi, karena udara menerobos masuk ke selang vakum melalui robekan yang terbuka tersebut. Dan kran vakum bensin tetap tertutup, dan tidak ada bensin yang mengalir ke karburator. Ketika bensin di mangkuk karburatos habis, sementara tidak ada suplai bensi lagi dari tangki, maka motor akan mogok.

Masalah selang vakum selesai dan motor spin kembali bisa berjalan normal. Akan tetapi beberapa hari yang lalu, spin mogok lagi, untungnya pas ada di rumah, sehingga tidak begitu menyusahkan. Padahal sebelumnya aman-aman saja melaju tanpa hambatan. Gejala mogoknya juga berbeda, yaitu saat di-start bisa menyala secara stasioner/idle. Akan tetapi ketika digas, tiba-tiba mesin mbrebet dan mati.

Akhirnya spin dibongkar lagi, dan ketemulah penyakitnya yang baru, yang ternyata penyakit ini dan juga 2 penyakit di atas memang sering terjadi pada spin. Yaitu karet membran vakum di karburator spin sudah bolong. Bolongnya sih kecil-kecil akan tetapi jumlahnya banyak, lebih dari tiga buah.

Analisinya adalah, karena membran berlubang dengan jumlah yang cukup banyak, maka kevakuman tidak terjadi saat gas ditarik. Akibatnya jarum skep karbu tidak naik, dan suplai bensin menjadi sangat sedikit, seperti saat mesin stasioner. Sedangkan throttle (klep kupu-kupu) sudah terlanjur dibuka maksimal, yang menyebabkan udara masuk secara maksimal. Akhirnya perbandingan bensin-udara (AFR) menjadi terlalu miskin, dan gagal dibakar oleh busi, dan mesinpun mati.

Mau beli karet vakum tapi wkatunya nggak sempat, dan juga hari libur toko-toko sparepart pada tutup. Akhirnya karet membran vakum diakali (untuk sementara/darurat), dengan cara bolong-bolong kecilnya ditambal. Penambalan dengan menggunakan isolatip hitam (yang biasanya buat kabel listrik), kalau bisa yang tipis. Potong kecil saja, sekedar untuk menutupi lubang yang juga kecil, tambalkan di bagian luar, kemudian di pinggirnya diberi lem superglue (lem korea). Bagian dalam juga diberi lem korea sedikit saya (setitik kecil, sebesar lubangnya).

Hati-hati, kebanyakan lem korea akan mengakibatkan membran menjadi kaku, dan sulit bekerja secara normal.

Ternyata hal-hal yang menyebabkan suzuki spin mogok bukan saja 3 hal di atas. Akan tetapi masih ada beberapa lagi, yaitu :

  1. Kabel masa terutama yang besar putus, solusinya disambung dengan kabel yang besarnya sama ke bodi motor.
  2. Skep karbu tergores sangat parah dan kasar, sehingga tidak bisa naik dan turun, solusinya diamplas secara hati-hati sampai halus, kemudian beli sedikit pelumas dan pasang kembali di karbu.
  3. Kran bensin vakum bocor, sehingga selang vakum kemasukan bensin dari saluran vakum kran tersebut. Tandanya pada mulut saluran tersebut basah oleh bensin.

    Akibatnya bensin masuk ke manifold dan campuran menjadi terlalu kaya, busi menjadi basah dan mati. Solusinya ganti kran vakum dengan yang baru.
  4. Kiproknya sudah soak atau bahkan mati, tandanya jika dites dijalur keluarannya (kabel warna merah), arusnya kecil atau bahkan tidak ada. Sehingga arus pengisian ke cdi tidak maksimal, dan motor tersendat-sendat bahkan tidak mau hidup. Solusinya gati kipro dengan yang baru, usahakan yang original.
  5. Kompresi bocor, akibat ada kotoran yang mengganjal klep di ruang bakar, tandanya kalau sislah dengan kaki terasa sangat ringan. Solusinya dengan menyingkirkan kotoran tersebut dengan mengisi ruang bakar dengan oli lewat lubang busi sampai hampir penuh. Kemudia mesin di engkol/slah menggunakan kick-starter, sambil lobang busi ditutup dengan jari. Tidak perlu terlalu rapat, yang penting terjadi semburan yang kuat di sela-sela klep sehingga kotoran terlempar dari posisinya, dan klep bisa menutup dengan normal.
  6. Spul pengisian lemah, mungkin karena sudah terbakar, tanda jika dicek pada keluaran spul (kabel warna putih), arusnya kecil bahkan tidak ada. Solusinya ganti spul baru, atau digulung ulang dengan tembaga yang baru.

Ada kemungkinan beberapa permasalah lain juga mengakibatkan motor suzuki spin mogok. Karena syarat umum agar mesin sepeda motor hidup minimal ada tiga yaitu ada pengapian, ada campuran bensin dan udara dan ada kompresi. Jadi salah satu saja dari tiga ini terganggu, maka mesin bisa mbrebet bahkan mati.

Untuk sementara itu dulu para pemirsa motogokil sekalian, terima kasih atas perhatinnya, dan mohn maaf dan salah jika didapati kekurangan. Untuk yang males baca, bisa lihat versi videonya di sini. Atau klik yutub ini

Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan