Masalah Teknis Saat Start Gagalkan Dominasi Marquez di COTA

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tentunya para pengamat motogp sangat keheranan, bagaimana marc marquez (93) terasa sangat lambat saat start. Sehingga posisinya langsung melorot dari posisi-9 ke posisi-24 sesaat setelah lampu hijau start menyala. Meskipun di akhir lap-1 ia bisa naik ke posisi-22, akan tetapi kejadian ini sangatlah merugikannya, dan menggagalkannya untuk merkompetisi di barisan terdepan.

Ternyata ada kendala teknis yang menyergap motor honda rc213v yang dikendarai mm93, sesaat ketika tiba di garis dris start. Ia mengatakan permasalahnnya …

  • Saat lampu merah padam, honda rc213v yang dikendarai marc marquez malaju dengan sangat lambat layaknya ketika melaju dengan kondisi pembatas kecepatan pit lane masih aktif.
  • Sejak start beberapa alarm [lampu peringatan di dasbor] menyala, mm93 tetap melakukan start akan tetapi sampai tikungan-1 motor tidak bertenaga,  ada masalah besar di motor.
  • Hole shot sudah diperiksa, akan tetapi alarm tetap menyala, dan untungnya setelah tikungan pertama, ketika perangkat holeshot terlepas motor kembali bekerja seperti biasanya (normal).

Menurut iwf, sepertinya enginernya honda mencoba memodifikasi hole shot yang dipasang pada honda rc213v yang dikendarai oleh marc marquez. Modifikasinya bukan hanya perangkat elektrik-mekanik untuk menurunkan-menaikkan center of grafity dari motor, sepertinya ada sensor yang tersambung ke bagian control. Dan sensor inilah yang error, tidak seperti yang ada di motornya pol espargaro (normal).

Hal tersebut ditunjukkan dengan kembalinya performa honda rc213v yang dikendarainya setelah tikungan-1, yang mana perangkat hole shot saat itu sudah non aktif. Jadi yang terjadi pada motor marc marquez adalah aktifnya holeshot, bukan hanya memendekkan CoG motor, juga sedikit mengurangi power dan torsinya. Pantas saja saat start motor marc marquez terlihat sangat lambat, dan berhasil dilewati oleh semua pembalap di belakangnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabaroaktuh.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan