Hujan Tunjukkan Kualitas Resurfacing Sirkuit Mandalika

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Hari-hari setelah pengasapalan ulang (resurfacing) sirkuit mandalika, malah sering turun hujan, bahkan hujan yang cukup deras. Alhasil kondisi cuaca yang seperti ini justru menjadi salah satu aspek pengujian, apakah sirkuit mandalika ini layak untuk balapan motogp saat hujan atau tidak. Tentu saja hal ini juga ditinjau dari intensitas curah hujan yang masih dianggap normal untuk terselenggaranya pagelaran motogp.

Setelah diguyur hujan lebat, dan masih dalam kondisi hujan yang ringan, tampak pada beberapa bagian lintasan utama tergenang dengan ketinggian yang lumayan, mungkin sekitar 1 cm atau lebih. Hal ini bisa diperkirakan lewat percikan air dari ban belakang safaty car yang meneliti tingkat ketinggian air lintasan saat hujan. Perhatikan gambar berikut…

Menurut iwf ini adalah kondisi genangan terdalam di sirkuit mandalika, yang lainnya banyak yang lebih dangkal/tipis dari itu. Bahkan ada banyak sirkuit yang tida tergenang sama sekali alias air mengalir dengan sempurna ke jalur drainase. Dan hujan juga memberikan petunjuk akan rata-tidaknya hasil pengaspalan, terutama pengasapalan ulang yang baru saja dilakukan. Berikut penampakannya

 

Tikungan 17 (T-17)

 

Lintasan Lurus Depan Paddock

 

Tikungan 1 (T-1)

 

Tikungan 2-3-4

 

Tikungan 5 (T-5)

 

Karena air punya sifat permukaan yang datar, maka adanya air dipermukaan aspal tersebut menandakan permukaan tersebut cekung ke dalam. Dan selama tidak dipermasalahkan oleh fim dan dorma (masih dalam katagori dapat diterima) sepertinya genangan-genangan tersebut tidak akan mempengaruhi kualitas balapan. Akan tetapi memang secara estetika yang tampak lebih mulus lebih baik.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.