New MV Agusta F3 RR Semakin Kencang, Apa Saja yang Ditingkatkan ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pabrikan motor asal italia, MV Agusta baru saja meluncurkan F3 RR baru yang memang dirancang untuk mendapatkan lap time yang jauh lebih kencang dari sebelumnya. Motor ini memang diupgrade untuk mendapatkan performa yang luar biasa seiring dengan izin yang diberikan di WSS untuk menggunakan engine tiga silinder 800cc untuk bersaing bersama dengan 600 empat silinder. Perubahan terbesar pada F3 lama adalah pada :

Bodywork, yang telah banyak dikerjakan ulang agar lebih cepat melaju di beberapa area, sementara juga menambahkan downforce di area lain. Penarik perhatian adalah set sayap raksasa yang menempel di kedua sisi bodi motor.

Bodywork baru ini memberikan pengaruh yang signifikan bagi performa motor yang meliputi :

  1. ‘Pelengkap’ tambahan pada MV Agusta baru ini mampu memberikan  tambahan berat sebesar 8 kg pada  roda depan pada kecepatan 150 mph (sekitar 240 kpj).
  2. Sementara itu, wind shield yang lebih tinggi dan sisi fairing baru ini, dirancang untuk mendorong udara menjauh dari pengendara,
  3. Sementara spatbor depan baru dirancang untuk mendorong udara melalui radiator agar motor tetap dingin saat melaju di lintasan.

Beberapa peningkatan yang dilakukan oleh insinyur mv agusta adalah :

  • Mengenai performa engine-nya, meskipun sekarang performanya sesuai dengan Euro5, MV Agusta f3 rr masih menyediakan power sebesar  145 hp, khas kuda jantan liar Italia. Itu karena MV telah bekerja keras untuk mengurangi gesekan di dalam motor agar lebih efisien untuk kapasitas yang sama.
  • Dipasangkan dengan ini adalah elektronik baru yang mewah yang dibuat dari perusahaan Italia e-Novia, yang mencakup semua bantuan kinerja biasa yang Anda harapkan termasuk ABS menikung, kontrol traksi sensitif ramping, kontrol geser, kontrol wheelie, dan kontrol peluncuran.
  • Jika Anda ingin menggunakannya sebagai lebih dari mesin jalan, Anda dapat memasangkan ponsel Anda dengan dasbor untuk petunjuk arah belokan demi belokan yang tepat – bahkan ada cruise control jika ide tur Anda sangat berbeda dengan kami.
  • Sasis juga memiliki pembaruan termasuk frame yang terbuat dari pelat yang didesain ulang untuk kekakuan ekstra di sekitar area lengan ayun. Ada juga desain baru pada roda belakang, yang menurunkan berat 7% hanya di pelek untuk pengurangan inersia yang besar. Mereka bahkan mengubah permukaan pijakan kaki dan sadel untuk meningkatkan cengkeraman pengendara pada mesin.

Tentu saja bagi yang ingin lebih kencang lagi untuk keperluan balapan di event track day, disediakan racing kit. Perangkat tambahan ini meliputi :

  • ECU racing  dan
  • Knalpot Akrapovic yang sangat enak.

Aplikasi kedua perangkat ini secara bersama-sama, akan dapat meningkatkan daya puncak hingga 151bhp. Wow power-nya naik 6 bhp atau sekitar  4% dengan hanya ubahan sesederhana ini, dan tentu saja tidak mahal alias cukup ramah bagi kandong penggunanya.

Baca juga :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh

 

Sumber : mcn

1 Trackback / Pingback

  1. New MV Agusta F3 RR Semakin Kencang, Apa Saja yang Ditingkatkan ? - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan