Juara Siswa dan Guru Terbaik dalam Festival Vokasi 2024 Regional Jatim & NTT

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) bersama PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu Hati 2025 bagi 100 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TSM) Astra Honda di Jatim & NTT pada September 2024 – Februari 2025. Festival Vokasi Satu Hati 2025 diselenggarakan secara bertingkat dari tingkat sekolah, regional hingga nasional.

Gelaran ini hadir untuk para siswa yang duduk di kelas XII dan guru induk program studi TBSM yang telah mengikuti pelatihan modul dasar teknik sepeda motor dengan mendaftar di sekolah masing-masing. Seleksi di tingkat sekolah dan regional dimulai pada bulan September – Oktober 2024. Seleksi tingkat sekolah dilakukan di sekolah masing-masing, sedangkan untuk seleksi regional dilakukan di MPM Learning Centre yang diikuti oleh seluruh SMK Binaan MPM Honda Jatim yaitu 100 siswa dan 100 guru.

Dari seleksi regional tersebut dipilih 5 juara siswa dan 3 juara guru yang kemudian akan diseleksi kembali untuk mengikuti mengikuti rangkaian kegiatan Festival Vokasi Satu Hati tingkat nasional pada 13 Februari 2025 mewakili MPM Honda Jatim bersama dengan 40 siswa dan 27 guru terbaik dari SMK seluruh Indonesia yang diadakan oleh PT Astra Honda Motor.

Beragam rangkaian kegiatan bagi para siswa/siswi serta para tenaga ajar merupakan langkah sinergi bisnis sepeda motor Honda dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Indonesia (DUDI), sehingga dapat terwujud kompetensi generasi muda yang mumpuni dan sejalan dengan perkembangan teknologi sepeda motor bahan bakar maupun yang terbaru sepeda motor listrik.

Materi uji bagi para peserta yang diberikan berdasarkan Kurikulum TSM dan Kurikulum Merdeka Astra Honda yang telah diimplementasikan kepada para siswa SMK Mitra Binaan AHM. Para peserta ditantang untuk :

  • Analisa permasalahan mesin, rangka, kelistrikan serta troubleshooting sepeda motor Honda,
  • Memahami teknologi terbaru pada sepeda motor listrik yang diuji secara teori dan praktik.

Khusus kompetisi yang diikuti oleh guru akan diberikan tambahan materi uji kompetensi pedagogi. Seluruh proses penjurian di tingkat regional dan nasional dilakukan oleh juri yang kompeten dan berpengalaman di bidang teknik sepeda motor Honda.

“Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri, MPM Honda Jatim berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan vokasi melalui berbagai program seperti pelatihan dan kontes yang bertujuan mengembangkan talenta muda dalam bidang otomotif.” kata Rita Djohar, HR & GA Division Head MPM Honda Jatim.

Adapun pemenang yang berhasil meraih penghargaan tersebut di tingkat regional adalah:

Kategori siswa

  • Juara 1 : Akrim Puji Santoso / SMKN 1 Jenangan.
  • Juara 2 : Habsy Kamalal / SMKN 1 Badegan.
  • Juara 3 : Radhitya Puja Hermawan / SMKN 1 Baureno.
  • Harapan 1 : Septian Nurussya’ban / SMKN 1 Gempol.
  • Harapan 2 : M Reyhan Apriliansyah / SMKN 1 Jatirejo.

Kategori guru

  • Juara 1 : Rizky Arrohman / SMK Al Huda
  • Juara 2 : Bayu Dadang P / SMKN 1 Jenangan.
  • Juara 3 : M Agris Muqtavin / SMK PGRI 1 Kediri.

Semoga info ini memberikan motifasi bagi para siswa dan guru untuk meraih keberhasilan di kegiatan yang sama tahun depan. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan