Awas Ban Motor Juga Ada Kadaluarsanya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Layaknya makanan, ban motor juga memiliki masa kadaluarsa. Setiap ban motor memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda. Kondisi ban yang kadaluarsa aku mempengaruhi kualitas karet pada ban sehingga performa tidak maksimal. Masih banyak pengendara yang mengabaikan dan tetap menggunakan ban yang sudah kadaluarsa. Oleh karena itu, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kode produksi ban yang ada pada sisi dinding ban motor.

“Performa ban yang tidak optimal tentu akan mengganggu perjalanan pengendara. Seperti tekanan udara pada ban tidak optimal serta pengereman juga jadi tidak maksimal. Mengingat ban merupakan salah satu komponen yang menunjang keselamatan dalam berkendara. Kondisi ban yang sudah terlalu lama disimpan dan tidak digunakan juga tidak direkomendasikan karena mengingat performa karet pada ban tentu akan menurun,” ungkap Dwi Suwanto, Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Kode produksi pada ban menandakan kapan ban tersebut diproduksi, berikut ini cara memahaminya :

  • Digit pertama merupakan kode minggu ketika ban di produksi.
  • Digit kedua merupakan kode tahun ketika ban diproduksi.

Pastikan pengendara melakukan pengecekan kode produksi ban sebelum membeli ban motor yang baru. Selain itu, untuk menjaga keselamatan pengendara sekaligus menjaga performa ban motor ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan, yaitu :

  • Rutin membersihkan ban menggunakan air dan sabun.
  • Periksa keausan atau keretakan pada permukaanya. Jika terdapat keretakan atau keausan segera ganti ban dengan ban yang baru.
  • Pastikan tekanan udara dalam ban sesuai dengan anjuran dari pabrikan. Periksa tekanan udara secara berkala. Tekanan udara yang tidak sesuai tentu berpengaruh pada performa kendaraan. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan di dealer resmi yang sudah terjamin kualitas dan keamanannya.

Pembelian ban ASLI milik Yamaha juga dapat dilakukan melalui platform E-Commerce seperti Tokopedia, Blibli.com, and Bukalapak. Infomasi lebih lanjut dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.