Garansi 5 Tahun Motor Yamaha Bukan Hanya Rangka, Ada yang Lain

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Yamaha telah membrikan garansi rangka selama 5 tahun atau 50.000 km. Garansi ini diberikan bagi semua motor matik yamaha yang dibeli sejak tanggal 1 oktober 2023. Dan ternyata sebelumnya yamaha juga sudah lama memberikan garansi 5 tahun untuk bagian yang lain, yaitu silinder diasil-forged piston dan juga seluruh part fuel injection-nya. Jadi memberi garansi 5 tahun, bagi yamaha bukan hal baru, akan tetapi menjadi hal biasa yang sudah dilakukan jauh hari sebelumnya, sebelum kasus viral rangka merebak di dunia otomotif Indonesia.

Barangkali ada yang bertanya, mengapa 3 bagian ini begitu diperhatikan sehingga harus diberi garansi selama 5 tahun ? Berikut ini iwf akan mencoba menganalisisnya…

Sebuah sepeda motor yang terintegrasi dapat bekerja dengan sempurna ketika semua bagian berfungsi optimal. Bagian-bagian sepeda motor banyak sekali, mulai dari kerangka, mesin, kelistrikan dan lain-lain. Tapi ada bagian-bagian fital yang dirasa perlu mendapatkan jaminan oleh produsen, karena selain bagian ini penentu motor bisa berjalan atau tidak, juga untuk mengatasinya konsumen harus mengeluarkan biaya yang mahal. Sehingga dengan adanya jaminan dari produsen, hati konsumen menjadi tenang ketika menggunakan bagain tersebut.

Tentunya kita bisa mengetahui bahwa tiga bagian utama tersebut adalah kerangka utama (main frame), penghasil tenaga di bagian mesin yaitu piston dan silinder, dan kelistrikan pendukung proses pembakaran yaitu bagian FI. Tidak adanya komponen seperti cover body, jok, speedo meter, lampu-lampu, sepeda motor masih bisa digunakan. Akan tetapi jika rangka patah, mesin ngejim atau ambrol atau kelistrikan konslet, maka sepeda motor akan mati total, dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Sebahagian besar konsumen sepeda motor adalah masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, yang jika 3 bagian utama ini bermasalah, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Mulai dari ratusan ribu hingga juta-an rupiah. Maka adanya jaminan dari produsen dalam hal ini yamaha, sungguh akan meringankan permasalahan konsumen jika hal ini terjadi. Sehingga ketiga bagian ini menjadi bagian fital, yang layak bahkan harus mendapat jaminan dari produsen.

Kebayangkan, betapa terbantunya konsumen dari masyarakat eknomi menengah kebawah, yang sedang menggunakan motor yamaha untuk mencari nafkah, kemudian motornya bermasalah. Selanjutnya yamaha memberikan layanan klaim garansi dengan mudah. Mana ekonomi lagi sulit-sulitnya ada bantuan dari yamaha untuk mengatasi masalah rangka, mesin dan sistem injeksi adalah sesuatu yang sangat melegakan bagi konsumen.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.