Keuntungan Yamaha Beri Garansi Rangka 5 Tahun Motor

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Ditinjau dari pemikiran ekonomi secara pragmatis, maka pemberian garansi bagi produk yang dijual di pasaran cenderung merugikan. Karena si penjual harus bersiap menerima komplen mengenai produk barangnya dari konsumen yang merasa dirugikan. Kerugiannya bagi penjual tentu saja dari penyediaan sumberdaya untuk layanan perbaikan, bahkan mungkin harus tersedia barang yang terjamin kualitasnya sebagai penggantian terhadap barang yang dikembalikan konsumen karena rusak. Tentu saja ini merugikan bagi produsen, paling tidak keuntungan jadi berkurang, apalagi jika jumlah komplennya besar, maka produsen bisa rugi besar bahkan bangkrut.

Kejadian di atas terjadi karena produsen belum mampu memberikan barang yang berkualitas tinggi. Tapi sebaliknya pemberian garansi justru akan memberikan efek yangbaik untuk produsen, yaitu produsen yang mampu memberikan produk barang yang berkualitas terjamin. Pemberian garansi ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produknya, bahkan lebih jauh konsumen bisa saja percaya penuh pada produsennya. Yakni konsumen yakin penuh terhadap produk apapun, jika yang membuatnya adalah produsen tersebut.

Saat ini suasana permotoran tanah air memang sedang terguncang, terkait dengan munculnya banyak berita mengenai rangka kropos dan patah yang menerpa motor produksi sebelah. Di lain sisi, minim sekali komplen dari konsumen mengenai rangka motor matik yamaha yang patah akibat karatan dan keropos. Ini merupakan momentum penting bagi yamaha untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan penjualan motor matiknya.

Kemampuan yamaha dalam mengolah dan mengendalikan suasani ini dapat berdampak signifikan pada penerimaan masyarakat pada motor-motor matik yang diproduksinya. Hal ini dapat dilihat dari beberapa sisi :

  • Berita yang viral mengenai kerangka patah, menjadikan konsumen menahan diri untuk membeli motor baru merek tertentu yang diterpa isu tersebut. Karena konsumen sekarang mulai pintar memilih, mereka mencari banyak informasi dari media masa terhadap suati produk sebelum membelinya. Apalagi informasi tersebut mudah didapatkannya, di dalam genggaman, di dalam smartphone-nya.
  • Kondisi ekonomi yang terus menurun, menjadikan banyak manyarakat di tngkat ekonomi menengah, mengalihkan alat transportasinya dari mobil ke motor. Tentu saja mereka ini melek teknologi, dan tidak ingin mendaparkan motor yang mengecewakannya kelak di kemudian hari
  • Viralisasi produk yamaha dengan rangka yang unggul dibandingkan pesaingnya secara masiv dilakukan untuk memberikan motor alternatif yang sangat direkomendasikan, yang tidak akan mengecewakan konsumen.

Dari tiga sisi ini, yamaha akan mendapat banyak keuntungan diantaranya :

  • Animo masyarakat naik, karena berpaling dari produk rival ke motor-motor produksi yamaha, apalagi yamaha menelurkan produk-produk motor canggih yang manarik untuk dipandang
  • Kepercayaan masyarakat terhadap kualitas motor yamaha semakin baik
  • Yang terakhir adalah, volume penjualan menjadi semakin tinggi, bahkan mungkin konsumen harus inden untuk mendapatkan motor-motor matik yamaha saat ini (sayang data AISI tidak tersedia).

Kalau volume penjualan naik, pastinya cuan akan semakin banyak mengalir ke yamaha juga. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.