Dari Garansi Rangka 5 Tahun Muncul Standar Baru Motor Produksi Masal

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setelah yamaha Indonesia merilis garansi rangka 5 tahun, maka akan dan pasti terjadi perubahan paradigma menganai bagaimana produsen memberikan jaminan kepada produk motornya. Tak lama kemudian honda juga ikut memberikan garansi 5 tahun bagi rangka motor-motor produksinya. Setelah dua pabrikan besar sepeda motor ini memberikan garansi ini maka hal ini tentu saja akan menjadi acuan bagi konsumen dan juga bagi pabrikan lainnya.

Konsumen yang cerdas tentunya akan mengambil keuntungan dari garansi rangka selama 5 tahun. Baik untuk memilih motor-motor yamaha yang lain juga motor dari pabrikan lainnya yang bersifat umum. Konsumen tersebut kemungkinan besar sebelum membeli sepeda motor akan menanyakan beberapa hal berikut :

  • Bagaimana garansinya
  • Bagaimana kemudahan mengurus garansinya
  • Bagaimana kualitas rangka secara riil yang ada motor-motor yang sudah dibeli masyarakat

Dua poin yang teratas, dapat konsumen dengar langsung dari pabrikan atau dealer resmi. Sedangkan poin 3, konsumen dengan mudah mendapatkan informasinya baik di sekililingnya, maupun di media masa digital. Tentu saja jika ingin membeli motor merek lain, konsumen akan membandingkan dengan motor produksi yamaha yang kualitasnya sudah diketahui oleh konsumen secara pasti. Jika memenuhi syarat maka akan dijadikan motor pilihan alternatif, sedangkan jika tidak, maka motor tersebut tidak akan dilirik.

Begitu dengan produsen motor, khususnya produsen motor selain yamaha, mereka harus segera merespon fenomena ini. Bahwa konsumen semakin cerdas, dan tidak mudah untuk dikelabui. Oleh karena itu mereka harus bersifat terbuka untuk segera melakukan beberapa perubahan, baik di bidang penyediaan bahan baku, produksi dan juga pemasaran.

  • Dalam hal penyediaan bahan baku, maka setiap produsen motor harus menhacu pada standar baru material yang mampu dijadikan rangka yang tangguh. Minimal kualitas materialnya setara dengan kualitas material yang digunakan pabrikan yamaha. Jika lebih rendah dan konsumen mengetahuinya, maka konsumen akan komplen, bahkan bisa meninggalkan produk dengan merek tersebut.
  • Dalam hal proses produksi, kemungkinan besar konsumen tidak mampu mengetahuinya secara langsung. Akan tetapi konsumen dapat mengetahuinya dari finishing motor yang diproduksi, khususnya bagian rangka. Konsumen dapat melihat langsung mengani kualitas pengelasan, kualitas pengecatan dan lain sebagainya. Kemudian membandingkannya dengan motor yamaha yang dimiliki oleh tetangga atau saudaranya, jika hasilnya mengecewakan, tentunya konsumen tidak akan membeli lagi produk motor tersebut.
  • Dalam hal pemasaran, tentu saja dengan garansi rangka 5 tahun yang sudah disediakan oleh pabrikan yamaha, akan dicontoh oleh pabrikan lainnya, jika motor produksinya ingin tetap memiliki kemampuan bersaing dengan motor produksi yamaha. Selain ini harus ada mekanisme yang saling menguntungkan dalam hal pengurusan garansi tersebut, tidak menyulitkan pabrikan dan tidak merugikan konsumen.

Jadi akan terbentuk pemahaman terhadap standar baru yaitu garansi 5 tahun, yang akan segera tersosialisasi secara cepat baik ke konsumen maupun ke produsen. Ya memang harusnya seperti itu, dengan standar baru ini harusnya semakin menjaga hak konsumen sebagai pemakai produk yang dibuat oleh produsen. Karena konsumen adalah raja, percuma bisa memproduksi barang, kalau tidak ada konsumennya, ya kan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.