Bio-Gasoline Menyegarkan Harapan Kendaraan Bermotor untuk Tetap Eksis

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dalam konten yutub yang iwf buat sebelumnya, iwf sempat menggambarkan bahwa pabrikan masih sangat berminat untuk terus memproduksi kendaraan bermotor. Tentunya sambil terus meriset teknologi dan minat masayarakat terhadap kendaraan listrik. Dan sementara masyarakat baik awam maupun terpelajar masih lebih memilih kendaraan bermotor karena lebih bisa diandalkan dalam berbagai penggunaannya.

Beberapa hari yang lalu, pembalap repsol-honda baru saja menguji performa dari bio-gasoline yang termasuk turunan dari bio-fuel (bahan bakar yang berasal dari tumbuhan). Dan ia mengatakan bahwa performa motornya, yaitu honda rc213v terasa hampir sama, alias tidak ada perbedaan yang berarti dibandingkan ketika menggunkan bahan bakar biasa (racing fuel – yang berasal dari minyak bumi). Itu artinya balapan dengan mesin linstrik masih agak lama, karena balapan dengan mesin bakar masih akan tetap dipertahankan dalam waktu yang mungkin tak terbatas, karena bio-fuel adalah renewable-fuel, yaitu bahan bakar yang bisa diperbaharui, karena dibuat dari tumbuhan (atau sisa-sisa tumbuhan).

Apalagi riset mengenai bio-fuel juga sudah berlangsung cukup lama, yaitu semenjak awal rahun 2000-an. Sehingga baik kalitas dan kuantitas bio-fuel ini sudah cukup matang untuk diproduksi. Barangkali penggunaannya yang masih sedikit di saat ini terbentur pada kebijakan ekonomi di banyak negara maju. Sedangkan mengenai teknologinya sudah sangat maju dan sudah banyak dikuasai hingga tingkat mahasiswapun bisa membuatnya.

Bahan baku untuk membuat bio-fuel dan juga termasuk bio-gasoline (bio-bensin) banyak sekali terdapat disekitar kita. Diantaranya adalah :

  • Minyak kelapa sawit
  • Minyak goreng bekas (jelantah)
  • Minyak biji karet dan mungkin juga minyak dari banyak tumbuhan lainnya seperti jarak, bunga matahi dan lain-lain.
  • Gula yang limbahnya bisa dijadikan alkohol, yang juga bisa diproses menjadi bio-fuel.
  • Tumbuhan-tumbuhan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti jagung dan lain-lain juga bisa diolah untuk menghasilkan bio-fuel.
  • Minyak dari alga
  • Lemak hewan
  • Hasil pembusukan dari sampah dan kotoran mahluk hidup

Jadi bahan baku untuk membuat bio-fuel sangat berlimpah di sekitar kita. Tinggal kita mengaplikasikan teknologi yang matu saat merubah bahan baku tersebut menjadi bahan bakar yang kita inginkan. Beberapa teknologi yang sudah cukup lama dikembangkan adalah memproduksi bio-gasoline dari :

  1. Minyak sawit melalui reaksi perengkahan katalitik dengan katalis gamma-alumina.

  2. Biji-bijian (minyak nabat), biomass dengan menggunakan proses pirolisis

  3. Lemak hewan dengan menggunakan metode gliserolisis, dan lain-lain

Setiap bahan baku memiliki proses yang berbeda untuk dapat menghasilkan bio-fuel. Pastinya produksi dan penggunaan bio-fuel semakin meningkat seiring dengan semakin berkurangnya bahan bakar yang berasal dari minyak bumi. Jadi bagi pemiliki, produsen dan juga penjual kendaraan bermotor, tidak perlu terlalu takut dengan kondaraan listrik yang sekarang sepertinya sedang viral, santai saja. Karena bio-fuel siam mengambil alih peran bahan bakar minyak bumi, berikut capaian produksi dan prediksi bio-fuel dunia.

Dan tentunya karena dibuat dengan menggunakan bahan alami, maka emisi beracun yang membahayakan lingkungan pastinya ditekan sebisa mungkin. Dan memang hasilnya sangat memuaskan, berikut perbandingan emisi antara bahan bakar dari minyak bumi, dan bio-fuel seiring dengan kemajuan teknologi produksinya.

Jadi nggak perlu terlalu latah dengan motor listrik, santai saja. Karena bahan bakar in sya Allah akan tetap tersedia. Selama matahari masih bersinar, tumbuhan masih tumbuh subur dan hewan masih beranak pinak dengan suburnya, maka bahan baku untuk dijadikan bahan bakar bio (bio-fuel) masih tetap tersedia. Dan berkembangnya teknologi pengolahan dan produksi bio-fuel akan menghasilkan proses pembuatan bio-fuel yang semakin mudah dan semakin efisien.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan