Perhatikan Hal Ini Saat Berkendara Motor di Musim Hujan

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Intensitas hujan akan terjadi mulai bulan ini hingga pada penghujung tahun. Hal ini membuat para pengemudi harus meningkatkan kewaspadaan di jalan raya, sebab berkendara di musim hujan tentu saja berbeda dari musim kemarau. Hal ini karena berkendara sewaktu hujan membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi karena hujan mampu mengaburkan jarak pandang apabila turun dengan sangat deras.

Berbagai langkah antisipasi bisa dilakukan agar konsentrasi saat berkendara tetap terjaga. Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Ahmad Hilmy membagikan tips agar konsentrasi saat beekendara tetep terjaga. Berikut ini tips nya :

1. Jaga Kondisi Badan Tetap Fit
Pastikan kondisi badan dalam keadaan fit, tidak mengantuk, tidak lelah ketika mengendarai sepeda motor saat musim hujan. ” Jangan paksakan mengendarai sepeda motor saat kondisi badan tidak fit sebab berkendara sepeda motor memerlukan konsentrasi yang tinggi.” kata Hilmy.

2. Persiapan kendaraan
Pastikan kondisi sepeda motor yang akan digunakan dalam kondisi prima saat akan digunakan pada musim hujan seperti rem yang berfungsi dengan maksimal dapat mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi. Selain rem, pastikan ban sepeda motor dalam kondisi prima.

3. Jas Hujan
Berkendara pada saat hujan, ada tambahan jas hujan yang diperlukan. Gunakan jas hujan yang celana agar dapat leluasa bergerak dan pilihlah yang berwarna cerah. Jas hujan bisa disimpan di bagasi seperi fitur bagasi yang biasa ditemui pada matik seperti Honda PCX160 dan ADV160 yang memiliki volume bagasi yang luas yang dapat menyimpang barang bawaan seperti jas hujan, tas punggung hingga helm full face.

“Bagasi ini dapat sangat membantu pengendara motor untuk menyimpan beragam barang bawaan dan ada baiknya bagasi tersebut digunakan serta dimanfaatkan secara baik agar berkendara tetap nyaman dan Cari_Aman saat berkendara.” Tambah Hilmy.

4. Perhatikan Kecepatan dan Titik Buta
Kondisi jalan yang berbeda pada saat hujan membutuhkan lebih konsentrasi karena kondisi jalan menjadi licin. Pengendara sepeda motor juga harus memastikan tidak berada pada posisi titik buta kendaraan seperti truk atau bus demi keselamatan dan keamanan berkendara.
” Menjaga jarak, dan mengurangi kecepatan saat berkendara dalam kondisi hujan agar tetep Cari_Aman saat berkendara ” tutup Hilmy.

5. Helm dan Sepatu
Helm menjadi bagian penting lantaran dapat melindungi kepala dari benturan akibat potensi kecelakaan yang mungkin saja terjadi dan gunakan sepatu. Sepatu berbentuk boot yang menutupi bagian mata kaki serta terbuat dari bahan plastik lebih melindungi jari kaki dari rendaman air sehingga tidak kedinginan

Semoga tips ini bermanfaat, khususnya bagi mas bro dan mbak sis yang sering beraktifitas dengan menggunakan motor di musim hujan ini. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan