Tips Pilih Riding Gear yang Tepat untuk #Cari_Aman Saat Berkendara

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Saat ini berkendara dengan sepeda motor menjadi kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan masyarakat di Indonesia selain menghindari macet juga karena praktis, fleksibel dan bisa mengirit biaya transportasi. Namun belum semua pengendara sepeda motor memperhatikan keselamatan berkendara, antara lain terlihat dari kebiasaan tidak menggunakan riding gear yang lengkap.

Penggunaan riding gear bukan sekadar berfungsi melindungi, tetapi juga menunjang kebutuhan gaya hidup (lifestyle) para pengendara sepeda motor. Lalu perlengkapan apa saja yang wajib digunakan sebelum mengendarai motor? Berikut daftarnya :

1. Helm, pilihlah helm yang berstandar SNI dengan model open face atau lebih aman lagi pakai yang full face

2. Jaket, jaket adalah riding gear yang penting untuk selalu digunakan saat berkendara. Sebab, jaket, berperan untuk melindungi tubuh ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan. Sebaiknya pilihlah jaket sesuai dengan ukuran badan, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.

“Jaket yang berukuran pas akan memberikan kenyamanan ketika mengendarai sepeda. Boleh memilih jaket yang sesuai dengan karakter kita, semisal jaket kulit. Tetapi harus kita perhatikan juga tingkat keamanan dan kenyamanannya” kata Fendrik Alam selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

3. Sarung Tangan, selain berguna untuk melindungi kulit tangan dari panas maupun dingin, memilih sarung tangan motor yang tepat akan mengurangi cedera yang bisa dialami tangan akibat kecelakaan.

4. Celana Panjang, idealnya saat berkendara motor, gunakan celana panjang dan pilih bahan yang kuat agar bisa melindungi kaki misalnya berbahan jeans.

“Tidak disarankan berkendara motor dengan menggunakan celana pendek, karena bagian kaki menjadi tidak terjaga selain itu juga mengganggu konsentrasi saat berkendara. Dengan menggunakan celana panjang, kita akan terlihat lebih keren” tambah Fendrik.

5. Sepatu, sepatu merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dikenakan setiap pengendara sepeda motor. Pilih sepatu yang menutup mata kaki seperti sepatu boots. Dan sebaiknya pilih sepatu yang tahan dipakai dalam segala kondisi cuaca.

“Selain soal gaya, memilih pakaian untuk berkendara juga tidak boleh mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain, sebab tidak semua model pakaian aman untuk digunakan ketika mengendarai sepeda motor. Semua perlengkapan berkendara tersebut dapat melindung tubuh kita saat naik motor seperti melindungi dari sengatan matahari, udara dingin juga pastinya akan mengurangi dampak negatif dari benturan dan goresan saat mungkin terjatuh dari motor agar selalu #Cari_Aman saat naik motor.” tutup Fendrik.

Semoga tips ini bermanfaat bagi pemirsa semua, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan