Electric Superbike Semakin Kencang, Hasil Riset Mahasiswa

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rcohmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Motor balap listrik mirip MotoGP ini adalah salah satu dari dua motor bertenaga baterai yang baru-baru ini diungkapkan oleh tim mahasiswa belanda, dikembangkan bermitra dengan pemenang kejuaraan World Superbike, Ten Kate Racing. Ini adalah karya mahasiswa University of Twente yang membentuk tim bernama Electric Superbike Twente (EST). Performa terbaik dari kedua sepeda ini diklaim memiliki tenaga 228bhp, kecepatan tertinggi lebih dari 187mph (301 kph) dan mampu berakselerasi 0-100kph di bawah tiga detik.

Keduanya dipenuhi dengan suku cadang dengan spesifikasi terbaik seperti Öhlins, HEL dan Marchesini sementara mitra teknologi termasuk Ten Kate, Suter Industries (tim di belakang motor track dua-tak MMX500 188bhp) dan rangka Bakker. EST mengatakan misi mereka adalah untuk ‘menunjukkan kegembiraan dan kesenangan dari mobilitas berkelanjutan’ dengan tujuan akhir ‘mencapai waktu putaran MotoGP dengan superbike listrik sepenuhnya’.

EST didirikan oleh universitas lima tahun lalu dan sepenuhnya dikelola oleh mahasiswa. Mahasiswa teknik dan desain mengerjakan sepeda, komunikasi, dan pemasaran, dengan mahasiswa manajemen membantu menjalankan tim. Setiap tahun gelombang baru siswa masuk dengan tujuan membangun apa yang telah dibuat sebelumnya. Tim pertama pada 2017/2018 menciptakan Liion-GP dengan 90kW mampu 250kph. Yang kedua membangun Eclipse-GP 110kW.

Apex-RS 120kW tiba pada 2019/2020 dan Delta-XE 150kW memulai debutnya pada 2020/2021. Untuk tahun 2022, Apex-RS dan Delta XE menerima sistem pendingin yang ditingkatkan, peredam kemudi baru, dan corak baru, sedangkan Delta-XE terbaru memiliki baterai yang ditingkatkan ditambah kabel dan konektor tegangan baru yang lebih tinggi.

Pengujian Dyno berlangsung di Ten Kate Racing dan tim siswa sekarang menantikan musim empat balapan di tempat yang jauh seperti Imatra di Finlandia.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan