Marc Marquez – Honda RC213V, Style Balik Versi Lama ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pasukan pabrikan honda yang digawangi marc marquez (mm93) dan pol espargaro (pe44) berhasil mendominasi posisi di fp-1 dan fp-2. Tentu saja ini menjadi sebuah pertanyaan, honda rc213v yang sejatinya sulit dikendalikan pada lintasan kering, bukankah pada kondisi basah lebih sulit lagi ? Akan tetapi ternyata tida demikian yang ditunjukkan pada fp-1 dan fp-2 kemarin sore.

Selain itu ada satu gambar yang menarik perhatian iwf, yaitu gambar ketika mm93 melakukan hard braking. Terlihat ban belakan honda rc213v yang dikendarainya terangkat cukup tinggi. Ini artinya (menurut perkiraan iwf) karakter honda rc213v berubah lagi. Yang tadinya traksi roda merata di roda depan dan belakang, yang menyulitkan mm93 karena dianggap perubahan yang terlalu frontal. Berubah menjadi seperti karakter motor honda rc213v seperti yang biasa mm93 gunakan (versi 2021), traksi ban depan lebih kuat.

Perhatikan gambar ini…

Jika benar demikian, maka kemungkinan besar mm93 akan semakin percaya diri. Jika sebelumnya mm93 tidak yakin dengan “pemahamannya” terhadap traksi ban baik depan maupun belakang, sekarang ia percaya penuh dengan ban depan. Seperti yang ia katakan, setelah ia percaya penuh dengan performa ban depan, maka ia tinggal memanage ban belakang, dalam menyelesaikan race.

Dan seperti yang ia katakan juga bahwa ia memiliki karakter menyerang dalam setiap balapan. Dan pada dua balapan kemarin ia tidak bisa melakukannya, disebabkan karakter motor honda rc213v yang belum begitu ia kenal, dan juga kehati-hatiannya menjaga dirinya agar tidak jatuh (khawatir diplopianya kambuh). Dengan demikian sesi fp-3, fp-4 dan juga babak kualifikasi, bisa dioptimalkan oleh mm93.

Hmmmm apakah masukan iwf di beberapa artikel mengenai hal ini juga dibaca oleh insinyur honda ? Iwf menyarankan agar honda rc213v yang dikendarai mm93 agar karakternya dikembalikan seperti yang biasa dipakai mm93. Kalaupun ada perubahan, janganlah terlalu ekstrim, karena mm93 sudah “klik” dengan karakter yang seperti itu. Sedangkan untuk pengembangan honda rc213v yang diharapkan mampu dikedarai pembalap lainnya selain mm93, hasil pengembangan pol espargaro bisa digunakan dan dioptimalkan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan