MotoGP Amerika, Bastianini Juara Lagi, Puncaki Klasemen Sementara

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Motogp amerika berlangsung tidak seperti yang diharapkan. Marc marquez (mm93) yang merupakan raja di sirkuit ini, start dari posisi-9, bukannya melejit saat start, malah melorot ke posisi-22. Terbayang, bagaimana mungkin ia bisa mencapai target (posisi-4) seperti yang ia ucapkan, jika memulai lap-1 di posisi-22 ? Akhirnya ia tidak bisa meramaikan group terdepan yang diisi oleh para yang berasal dari grid start di depannya.

Dan enea bastianini (eb23) melakukan start dan balapan yang sangat impresif. Start dari posisi-5 langsung menyodok ke posisi-3. Setelah beratahan 11 lap di belakang jorge martin (jm89), akhirnya di lap-12 ia berhasil meng-overtake jm89 dan menenmpati posisi-2 tepat (mepet) di belakang jack miller (jm43). Dan tidak perlu lama, cukup 4 lap saja di belakang miller (jm43) di lap-16 ia berhasil menempati posisi-1, dan terus bertahan hingga finish, juara di circuit of the america (cota).

Berikut ini hasil balapan tadi pagi dini hari…

Klasemen sementara pembalap


Kemenangan bastianini di sirkuit cota ini adalah kemenangan kedua di motogp musim 2022 ini. Dan wajar jika ia menempati posisi teratas dalam klasemen sementara untuk rider. Akan tetapi tampak dari dua balapan sebelumnya yaitu di mandalika Indonesia dan rio hondo argentina hasilnya sangat kurang memuaskan, belum bisa konsisten. Seandainya ia mampu menjaga pace di balapan selanjutnya seperti yang ia lakukan di cota ini, maka bisa saja ia juara motogp di musim 2022 ini.


Klasemen sementara konstruktor dan tim

Ducati sebagai tim yang menggelontorkan motor paling banyak (8 motor – 4 tim balap), sangatlah wajar jika mampu mendominasi pemuncak konstruktor. Karena selain didukung oleh para pembalap muda yang hebat, serta pembalap senior yang perpengalaman, ducati juga punya mesin yang paling powerful. Dan dengan 8 buah motor, ducati memiliki kans untuk memperoleh poin besar di setiap race, dari seluruh pembalapnya yang tersebar di 4 tim tersebut.

Dan pemuncak klasemen untuk tim secara luar biasa diduduki oleh tim suzuki ecstar. Jaraknya sangat jauh dengan posisi kedua yang diduduki tim red bull ktm factory racing, selsish 32 poin. Hal ini disebabkan kedua pembalap tim suzuki ini (alex rins- ar42 dan joan mir-jm36) selalu konsisten menduluang poin yang besar disetiap race. Untuk sementara alex rins lebih unggul dibandingkan joan mir, akan tetapi posisi finis mereka selelu berdekatan dalam setiap race.

Perjuangan marc marquez

Perjuangan marc marquez (mm93) menarik untuk di cermati, karena ia sebelumnya adalah raja di sirkuit cota ini yang tahun ini direbut oleh enea bastianini. Mangalami start yang sangat buruk, dari grid ke-9 melorot ke posisi-22 setalh bendera start dikibarkan. Akan tetapi ia tidak menyerah dengan kondisi ini, ia tampil sangat bagus meng-overtake banyak pembalap di depannya.

Cara overtake mm93 sepertinya sudah jauh berubah, tidak agresif seperti biasanya, jauh lebih halus dan bisa dikatakan bebas sentuhan dengan pembalap lainnya. Dan hal ini seperti yang ia ucapkan sebelumnya, tidak menyerang tapi ia akan lakukan overtake dengan segala pertimbangan yang matang, agar ia tidak crash. Dengan cara seperti itu saja, ia masih mampu menaikkan posisinya dari posisi-22 di lap-1 ke posisi-6 saat finish.

Selain itu mm93 juga masih mampu mencetak fastest lap di lap 11 dan 13, sebelum akhirnya dilampaui oleh sang juara bastianini.

Dari penampakan permanya di sirkuit cota ini, kita harapkan mm93 masih memiliki sentuhannya. Meskipun feelingnya masih amburadul terhadap honda rc213v terbaru ini (versi 2022), tampaknya ia sudah berusaha keras untuk merubah riding style nya agar cocok dengan motor ini. Masih ada 18 balapan lagi, semoga ia bisa bersaing dengan para pembalap terdepan, memperebutkan gelar juara dunia motogp 2022. Jika ini terwujud, tentunya persaingan akan semakin ketat dan semakin seru.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan